Arab Saudi Luncurkan Robot Nour R1 untuk Melayani Pasien di RS

Kamis, 12 Oktober 2023 - 19:25 WIB
loading...
Arab Saudi Luncurkan Robot Nour R1 untuk Melayani Pasien di RS
Arab Saudi mulai mengoperasionalkan robot humanoid pertama untuk bekerja di rumah sakit. (Foto: Arab News)
A A A
JAKARTA - Arab Saudi mulai mengoperasionalkan robot humanoid pertama untuk bekerja di rumah sakit. Robot bernama Nour R1 itu ditugaskan bekerja di Rumah Sakit Khusus Raja Faisal (KFSHRC). Dia bertugas memberikan layanan teknologi informasi dan komunikasi kepada staf rumah sakit dan pasien.

Rumah sakit menyebutkan robot Nour R1 dapat menjawab pertanyaan dengan akurat dan efektif, menunjukkan perubahan signifikan dalam penggunaan teknologi di fasilitas kesehatan di Arab Saudi.

Robot ini ditempatkan di bagian Urusan Teknologi Informasi Kesehatan rumah sakit, dan dapat menjawab pertanyaan dukungan teknis baik dalam bahasa Arab maupun Inggris.

Berbeda dengan robot lain, Nour R1 dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain, serta mengenali wajah karyawan rumah sakit.



Ke depan robot Nour R1 akan dilibatkan dalam memberikan bimbingan arah, menjawab pertanyaan pasien, dan memberikan pembaruan real-time tentang aktivitas rumah sakit.

"Kami percaya bahwa karyawan baru kami, Nour R1, akan meningkatkan layanan. Teknologi mutakhir ini sejalan dengan komitmen terhadap inovasi digital dan akan memungkinkan karyawan kami fokus pada tanggung jawab utama sambil menikmati kenyamanan dan efisiensi yang dibawa oleh Nour,” ujar Kepala Petugas Informasi KFSHRC, Dr. Osama Alswailem, dikutip dari Arab News.



Rumah sakit menyatakan bahwa Nour R1 menekankan komitmennya untuk memanfaatkan teknologi canggih guna meningkatkan operasi, perawatan pasien, dan memanfaatkan potensi dari robot dan kecerdasan buatan .

KFSHRC adalah pemimpin global dalam pelayanan kesehatan, menduduki peringkat ke-20 di dunia pada 2023 dan peringkat pertama di Timur Tengah dan Afrika oleh Brand Finance.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)