Dorong Transformasi Digital, COO Xendit Aktif Kembangkan Inovasi Bisnis Teknologi

Rabu, 04 Oktober 2023 - 11:07 WIB
loading...
Dorong Transformasi Digital, COO Xendit Aktif Kembangkan Inovasi Bisnis Teknologi
Masyarakat Indonesia semakin teredukasi dalam hal penggunaan teknologi digital. FOTO/ DAILY
A A A
SEOUL - Kemajuan ekonomi digital di Indonesia telah menunjukkan perkembangan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir.



Berdasarkan studi Google Temasek, Bain & Company, nilai ekonomi digital Indonesia pada tahun 2022 mencapai USD77 miliar atau tumbuh 22% dari tahun sebelumnya. Nilai ini diperkirakan akan meningkat menjadi USD130 miliar pada tahun 2025

Tessa Wijaya, Co-founder dan Chief Operating Officer (COO) Xendit, dianugerahi penghargaan ASEAN Entrepreneurs Award ke-8, yang merupakan salah satu penghargaan tahunan paling bergengsi yang diprakarsai oleh Maekyung Media Group dan ASEAN-Korea Centre di Korea Selatan.

Penghargaan diserahkan dalam acara yang digelar di Hotel Shilla, Seoul pada 13 September 2023. Ajang ini merupakan salah satu rangkaian bertepatan dengan digelarnya World Knowledge Forum ke-24 yang berlangsung di Seoul pada 12-14 September lalu

Dengan misi membangun ekonomi digital yang lebih inklusif dan dapat diakses dengan mudah, Tessa menjadi satu-satunya srikandi yang mengharumkan nama bangsa, sebagai wakil Indonesia dalam "ASEAN Entrepreneurs Award” tahun ini.

Tessa menjadi sorotan atas apresiasi dan kontribusinya, untuk masa depan bisnis berbasis teknologi keuangan digital ASEAN yang lebih cerah.
Dorong Transformasi Digital, COO Xendit Aktif Kembangkan Inovasi Bisnis Teknologi

Dalam forum ini, saat sesi diskusi, Tessa berkesempatan memaparkan pentingnya peran aktif para entrepreneurs sebagai faktor utama yang menentukan masa depan dan suksesnya bisnis di kawasan ASEAN pada masa mendatang.

"ASEAN terbuka terhadap teknologi karena wilayah ini didominasi oleh kalangan muda, wilayah ASEAN siap merangkul inovasi teknologi.’’ tutur Tessa

"Selama 10 tahun terakhir, lingkungan yang berorientasi pada dunia offline telah berubah menjadi online, dan inilah lingkungan terbaik untuk mencoba hal-hal baru,"

Transformasi digital telah melahirkan berbagai peluang bagi bisnis untuk menjadi pelopor solusi revolusioner dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Indonesia-Korea Young Entrepreneurs Forum yang merupakan forum wirausaha digital dan startup Indonesia - Korea ini digelar untuk pertama kalinya, sebagai tindak lanjut dari KTT ASEAN di bidang digital dan sarana penguatan kerjasama antara wirausaha digital, kreatif maupun startup di lingkup kedua negara.

Forum dibuka oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea, Gandi Sulistiyanto, yang dalam sambutannya menekankan pentingnya transformasi digital sebagai salah satu kunci untuk menjadikan ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi global.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Menteri Bidang Inovasi Usaha dan Startup Kementerian UKM dan Startup Korea, Jungwook Lim, menyebutkan bahwa kerjasama antara pemuda melalui Indonesia-Korea Young Entrepreneurs Forum akan menjadi tulang punggung ekosistem startup Indonesia dan Korea.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)