Perbedaan Android TV dan Smart TV Biasa, Wajib Tahu!

Selasa, 10 Oktober 2023 - 09:46 WIB
loading...
Perbedaan Android TV dan Smart TV Biasa, Wajib Tahu!
Meski mirip, tapi Android TV dan Smart TV punya berbedaan yang sangat besar. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Android TV dan smart TV adalah dua jenis televisi yang dapat terhubung ke internet dan mengakses konten online, seperti streaming video, game, dan musik.

Namun, ada beberapa perbedaan utama antara kedua jenis televisi ini. Jangan sampai Anda kebingungan atau salah dalam memilih TV pintar. Pemilihan antara Android TV dan smart TV tergantung pada kebutuhan dan anggaran Anda. Jika Anda mencari televisi dengan akses ke berbagai macam aplikasi dan fitur, Android TV adalah pilihan yang tepat.

Tapi, jika Anda mengincar TV dengan merek tertentu seperti LG atau Samsung, maka tidak ada salahnya memakai OS yang disediakan oleh pabrikan.

Nah, berikut adalah perbedaan Android TV dan smart TV:

1. Sistem operasi
Perbedaan Android TV dan Smart TV Biasa, Wajib Tahu!

Android TV menggunakan sistem operasi Android, sedangkan smart TV menggunakan sistem operasi yang dikembangkan oleh produsen televisi tersebut, misalnya WebOS dari LG, Tizen dari Samsung, atau Roku OS.

Smart TV dengan Android memang lebih lengkap dukungan aplikasinya. Tapi, minusnya terkadang bisa ngelag atau terlalu berat dan kurang responsif. Sebaliknya, OS seperti WebOS ataupun Tizen lebih ringkas, cepat, dan stabil.

2. Aplikasi

Android TV memiliki akses ke Google Play Store, yang menawarkan berbagai macam aplikasi, termasuk aplikasi streaming video, game, dan musik. Smart TV biasanya hanya memiliki akses ke aplikasi yang dikembangkan oleh produsen televisi tersebut. Misalnya WebOS Store. Terkadang, tidak semua aplikasi terbaru tersedia.

3. Kompatibilitas

Android TV kompatibel dengan perangkat Android lainnya, seperti smartphone dan tablet. Smart TV biasanya hanya kompatibel dengan perangkat yang diproduksi oleh produsen televisi tersebut.

4. Kontrol

Android TV dapat dikontrol menggunakan remote control, smartphone, atau tablet. Smart TV biasanya hanya dapat dikontrol menggunakan remote control.

5. Pembaruan software

Android TV menerima pembaruan software secara berkala dari Google. Smart TV biasanya hanya menerima pembaruan software dari produsen televisi tersebut.

6. Harga

Android TV bisa lebih murah ataupun lebih mahal dibandingkan Smart TV dengan OS WebOS ataupun Tizen. Semua tergantung dari jenis dan tipe TV yang digunakan.

7. Fitur tambahan

Android TV memiliki fitur tambahan, seperti Google Assistant dan Chromecast. Smart TV biasanya tidak memiliki fitur tambahan.


8. Popularitas

Android TV biasanya lebih populer daripada smart TV. Beberapa konsumen mungkin lebih memfavoritkan TV dengan OS Android karena tidak lagi merasa asing saatmenavigasikan.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2973 seconds (0.1#10.140)
pixels