Wifi Rumah Lemot? Coba Lakukan Ini

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 15:27 WIB
loading...
Wifi Rumah Lemot? Coba Lakukan Ini
Wifi rumah lemot menjadi masalah yang cukup menjengkelkan apalagi jika itu terjadi di saat-saat genting. Foto/gadgetsnow
A A A
JAKARTA - Wifi rumah lemot menjadi masalah yang cukup sering dijumpai di Indonesia. Kalau sudah begini, tentu akan sangat menjengkelkan apalagi jika itu terjadi di saat-saat genting.

Wifi rumah lemot akan mengganggu beragam aktivitas online. Mulai dari mengirim email pekerjaan, mengirim tugas sekolah, bermain media sosial, hingga ketika sedang asik mabar game.

Jangan khawatir, ada beberapa cara untuk memperkuat sinyal agar wifi rumah tetap bisa berjalan lancar. Menariknya ini bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah seperti dilansir dari laman Gadgetsnow Jumat (6/10/2023).



1. Pasang Wifi di Tengah Rumah

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal wifi rumah dengan menaruh router wifi di tengah rumah. Ini perlu dilakukan agar router mempunyai peluang terbaik untuk menjangkau setiap sudut rumah.

2. Kurangi Jumlah Perangkat

Selain itu bisa juga dengan mengurangi jumlah perangkat yang digunakan. Jadi router akan bekerja lebih ringan dan cepat sehingga masalah sinyal lemot pun bisa dihindari.

3. Gunakan Repeater

Untuk memperkuat sinyal wifi rumah juga bisa dengan cara menggunakan repeater. Sesuai dengan namanya, repeater akan mengambil sinyal Wi-Fi dari router dan 'mengulanginya' untuk meningkatkan area jangkauan.

4. Ganti Password

Cara lain yang bisa dilakukan dengan mengganti password wifi secara berkala. Bisa dilakukan setiap 6 bulan sekali. Jadi orang lain tidak bisa mencuri wifi lagi sehingga router juga bisa bekerja lebih maksimal.


5. USB Router

Jika router yang digunakan memiliki port USB, maka router dapat melakukan lebih dari sekadar menyiarkan sinyal Wi-Fi. Port USB ini dapat digunakan untuk menghubungkan hard drive eksternal sebagai penyimpanan jaringan untuk semua perangkat yang terhubung di Wi-Fi sehingga memudahkan untuk berbagi konten.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)