HP Sering Panas Saat Main Game? Lakukan 5 Langkah Ini!

Senin, 02 Oktober 2023 - 16:17 WIB
loading...
HP Sering Panas Saat Main Game? Lakukan 5 Langkah Ini!
HP sangat mudah panas saat diajak bermain game berat, tapi juga ada cara untuk mengatasinya. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - HP panas ketika dipakai bermain game jadi masalah yang sering dijumpai para gamer mobile. Selain bisa mengganggu kenyamanan, tentunya sangat berbahaya jika dibiarkan.

Bukan tidak mungkin HP akhirnya biasa saja rusak atau error saat dimainkan. Nah, bagi para gamers mobile, penting untuk mengetahui bagaimana tips agar hp tidak cepat panas saat main game. Berikut langkah-langkahnya:

1. Bersihkan RAM

Sebelum memainkan game, ada baiknya tutup semua aplikasi yang sedang berjalan untuk membersihkan RAM. Dengan begitu game akan berjalan sendiri sehingga kinerja perangkat lebih ringan dan meminimalkan kemungkinan memanas.

HP akan menggunakan daya pemrosesan seminimal mungkin jika hanya menjalankan satu aplikasi dalam satu waktu. Semakin sedikit daya pemrosesan yang digunakan, maka semakin rendah suhu perangkat.

2. Lepas casing agar tidak overheating

Meskipun bisa melindungi fisik luar HP, menggunakan casing bisa memerangkap panas sehingga suhu hp bisa menjadi tinggi. Untuk itu lepas casing ketika menjalankan pemrosesan berat seperti bermain game.

Setelah selesai bermain, pasang kembali casingnya. Dan sebenarnya ini belum cukup untuk tetap menjaga suhu ponsel agar tetap stabil. Langkah selanjutnya adalah saat membeli casing, pilih kasing dengan ventilasi terbaik.

3. Turunkan kecerahan layar

Tingkat kecerahan layar sangat berpengaruh pada suhu perangkat. Jika tingkat kecerahan layar tinggi maka berpotensi akan membuat smartphone menjadi panas. Untuk itu ketika menggunakan perangkat di dalam ruangan atur kecerahan serendah mungkin.

Level optimal yang tidak boleh dilewati adalah 50 persen. Selain itu, matikan kecerahan adaptif karena menggunakan sensor jarak ponsel bisa menghabiskan lebih banyak baterai sehingga meningkatkan suhu perangkat.

4. Uninstall semua aplikasi pendingin

Hindari semua aplikasi yang mengklaim dapat mendinginkan perangkat. Pada kenyataannya, menginstall aplikasi tambahan dan menjalankannya justru akan menghabiskan sebagian besar sumber daya perangkat.

Selain itu, perangkat lebih cenderung memanas jika memiliki aplikasi tambahan yang berjalan bersama aplikasi yang lain. apa yang disebut aplikasi "Pendinginan" tidak pernah berfungsi, beberapa bahkan digunakan untuk mencuri data pribadi.


5. Ambil waktu jeda

Jika sadar akan memainkan game untuk waktu yang lama cobalah ambil waktu jeda dengan beristirahat sejenak di sela-sela sesi permainan. Mengambil nafas sejenak tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh tetapi juga bagus untuk perangkat. Beristirahat lima menit setiap setengah jam sudah cukup untuk menenangkan diri dan meringankan beban ho sehingga suhunya pun akanikutberkurang.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)