Top 10 Startups 2023 di Indonesia Didominasi Bidang E-commerce dan Agrikultur

Jum'at, 29 September 2023 - 15:09 WIB
loading...
Top 10 Startups 2023 di Indonesia Didominasi Bidang E-commerce dan Agrikultur
Top 10 startups 2023 di Indonesia yang dirilis LinkedIn didominasi bidang E-commerce dan Agrikultur. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Top 10 startups 2023 di Indonesia yang dirilis LinkedIn didominasi bidang E-commerce dan Agrikultur. Penyusunan daftar ini merujuk pada data unik yang berasal dari rangkuman miliaran aksi oleh 950 juta anggota LinkedIn.

Serla Rusli, LinkedIn Career Expert, mengatakan daftar top 10 startups tahun ini terdiri dari perusahaan teknologi di berbagai industri, mulai dari agritech hingga e-commerce . Startup agritech mewarnai dunia pertanian Indonesia karena menyediakan solusi inovatif untuk mengubah sektor tradisional ini.

“Indonesia memiliki ekosistem startup yang semakin dinamis dan beragam. Hal ini sebagian didorong oleh pasar yang luas dengan populasi yang melek teknologi,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (29/9/2023).



Dalam daftar LinkedIn Top Startups tahun ini ada dua perusahaan agritech, bahkan salah satunya menduduki peringkat teratas. Pertama ada Delos (#1), startup akuakultur yang mengedepankan ilmu pertanian berkelanjutan dalam pembudidayaan tambak udang di tingkat nasional.

Startup ini muncul sebagai pelopor perusahaan muda yang memberikan peluang pertumbuhan karir bagi para profesional di Indonesia. Sedangkan, Chickin Indonesia (#9) menggunakan teknologi pertanian Internet of Things (IoT) untuk mengoptimalkan manajemen peralatan dan kondisi hidup ternak.

Sektor e-commerce juga mendominasi karena berperan penting dalam kontribusi terhadap perekonomian negara. Startup e-commerce yang masuk ke dalam daftar LinkedIn, yaitu Evermos (#3) yang membantu para resellers dengan layanan berbasis syariah dan terjamin halal.

Kemudian ada Aplikasi Super (#6) dan Sinbad (#8) yang menawarkan produk dan solusi di bidang daring untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Startup yang bergerak di sektor business-to-business (B2B), antara lain Kargo Technologies (#7) dan Otoklix (#10).



Kargo Technologies mengoptimalkan rantai pasokan untuk Perusahaan dan Otoklix menghubungkan pemilik kendaraan dengan bengkel mobil independen di Indonesia. “Daftar startup yang paling berkembang di Indonesia tahun ini menjadi sumber daya yang unik para profesional,” tambah Serla Rusli.

Berikut daftar LinkedIn Top Startups 2023 di Indonesia:
1. DELOS - startup akuakultur pada bisnis tambak udang
2. MySkill - startup penyedia pelatihan dan pembinaan profesional secara daring
3. Evermos - platform penghubung resellers-to-brands ke konsumen
4. Populix - platform layanan riset
5. Prixa.ai - platform manajemen kesehatan berbasis big data dan AI
6. Aplikasi Super-YC W18 - menghubungkan pemasok besar dengan agen dan toko
7. Kargo Technologies - platform jasa angkut truk B2B
8. Sinbad - layanan pemesanan produk langsung dari produsen dan distributor
9. Chickin Indonesia - manajemen ternak ayam berbasis IoT
10. Otoklix – bantu pemasaran layanan ribuan bengkel mobil independent.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1486 seconds (0.1#10.140)