iPhone Diam-diam Ambil Foto Wajah Pengguna Tiap 5 Detik, Benarkah?

Selasa, 26 September 2023 - 12:58 WIB
loading...
iPhone Diam-diam Ambil Foto Wajah Pengguna Tiap 5 Detik, Benarkah?
iPhone dituding secara diam-diam mengambil foto wajah para penggunanya. (Foto: Apple)
A A A
JAKARTA - iPhone dituding secara diam-diam mengambil foto wajah para penggunanya secara berkala. Informasi ini pun langsung viral usai diunggah.

Dalam video viral tersebut dikatakan iPhone akan mengambil foto para penggunanya setiap 5 detik. Hal ini selama ini tidak disadari para pengguna lantaran hanya bisa dilihat melalui kamera inframerah.

Wanita dalam rekaman video tersebut pun membuktikan temuannya dengan mengarahkan kamera inframerah ke seorang pria yang menggunakan iPhone. Dan dari kamera inframerah terlihat kilatan. Lensa inframerah menangkap kilatan cahaya setiap beberapa detik yang diklaim oleh wanita tersebut sebagai perangkat iPhone yang sedang mengambil foto pengguna.

Dalam video tersebut, wanita itu juga mengungkapkan opsi Face ID pada iPhone bisa mengambil foto wajah pengguna jutaan kali dalam sehari. "Kami baru saja mengetahui bahwa iPhone secara khusus mengambil gambar inframerah dengan Face ID setiap lima detik. Kami melihatnya melalui kamera inframerah dan itu sangat liar," katanya.



Temuan pun dikomentari oleh pakar teknologi Mitch. Dia menjelaskan bahwa kilatan sebenarnya adalah teknologi kamera Apple yang disebut true depth camera.

"Ini menggunakan 30.000 titik kecil yang tidak terlihat untuk membuat peta wajah sehingga ponsel dapat mendeteksi ketika pengguna sedang aktif," kata Mitch dikutip dari The Sun, Selasa (26/9/2024).

“Jadi ia dapat melakukan hal-hal seperti meredupkan layar atau mematikannya saat pengguna tidak melihatnya. Dan pengguna sebenarnya dapat mematikan fitur ini," tuturnya.



Mitch kemudian memaparkan tombol untuk menonaktifkan fitur terletak di bawah opsi Face ID dan kode sandi. Pengguna hanya tinggal klik tombol matikan "attention aware features".

Mitch juga menegaskan tidak ada foto wajah yang disimpan di cloud. Lantaran itu dia mengimbau pengguna iPhone tidak perlu khawatir karena Apple terus meningkatkan sistem keamanannya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2075 seconds (0.1#10.140)