Noonoouri, Bintang Pop Virtual AI Pertama di Dunia Rilis Album Bareng Warner Music

Sabtu, 16 September 2023 - 19:00 WIB
loading...
Noonoouri, Bintang Pop Virtual AI Pertama di Dunia Rilis Album Bareng Warner Music
Single debut Noonoouri berjudul Dominoes dirilis pada 1 September 2023. (Foto: Instagram)
A A A
JAKARTA - Warner Music menandatangani kontrak rekaman perdana dengan bintang pop virtual AI dan influencer Instagram pertama di dunia, Noonoouri.

Single debut berjudul “Dominoes,” dirilis pada 1 September 2023 sekaligus menandai masuknya teknologi AI di kancah industri musik global.

Dilansir dari Ubergizmo, Sabtu (16/9/2023), debut ini memperoleh lebih dari 60.000 penayangan di YouTube. Karya perdana ini hasil kolaborasi dengan DJ Alle Farben dari Jerman.

Sosok Noonoouri sebagai penyanyi AI pun menarik perhatian. Meskipun kualitasnya suaranya agak kurang karena manipulasi AI, namun menunjukkan adanya kemajuan dalam teknologi kecerdasan buatan.



Suaranya dibuat menggunakan AI generatif, sebuah teknologi data dan mengubahnya menjadi sesuatu yang benar-benar baru. Semuanya dimulai dengan rekaman penyanyi manusia yang kemudian dimodifikasi untuk memberikan identitas vokal uniknya kepada influencer digital. Penulis lagu, penyanyi, dan musisi yang terlibat dalam proyek musik AI ini akan menerima royalti.

Pikiran di Balik Noonouri

Noonoouri dihidupkan oleh desainer grafis berusia 43 tahun Joerg Zuber dari Munich, Jerman. Sosok AI multitalenta ini memulai kariernya pada usia 19 tahun dan telah menggemparkan dunia mode konvensional. Zuber memperkenalkan Noonoouri ke publik pada akhir tahun 2017. Model AI ini kerap tampil dalam kampanye iklan, termasuk lini kosmetik milik Kim Kardashian .

Bagi Zuber, sosok Noonoouri mewakili mimpi seumur hidup yang terinspirasi oleh ketertarikan awalnya terhadap dunia mode, yang ia temukan melalui majalah mode pertamanya pada usia lima tahun. Dia memandang fesyen sebagai simbol kebebasan, dan Noonoouri mewujudkannya.



Zuber sengaja memilih untuk menjadikan Noonouri sebagai karakter avatar daripada mengejar hiper-realisme, menekankan kekhasannya di ranah digital.

Selain musik, Noonoouri dikenal karena mempromosikan veganisme, fesyen berkelanjutan, dan menentang penggunaan bulu dalam industri fesyen.

Bintang pop virtua l ini telah memiliki lebih dari 200.000 pengikut Instagram dan berkolaborasi dengan merek terkenal seperti Marc Jacobs, Dior, dan Versace, juga menjalin hubungan dengan supermodel seperti Naomi Campbell.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)