China Larang Pakai iPhone, Ini Reaksi Gedung Putih

Kamis, 14 September 2023 - 11:52 WIB
loading...
China Larang Pakai iPhone, Ini Reaksi Gedung Putih
China melarang pejabat negara dan pegawai pemerintah menggunakan iPhone. (Foto: 9To5Mac)
A A A
JAKARTA - China telah melarang para pejabat dan pegawai pemerintah menggunakan iPhone, produk perusahaan Apple asal Amerika Serikat.
Gedung Putih pun angkat suara dan menyebut kebijakan China sudah keterlaluan.

"Tampaknya ini merupakan bentuk pembalasan yang keterlaluan dan tidak pantas terhadap perusahaan-perusahaan AS yang pernah kita lihat dilakukan oleh RRT di masa lalu,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, John Kirby dikutip dari 9To5Mac pada Kamis (14/9/2023).

The Wall Street Journal melaporkan bahwa pemerintah China telah melarang iPhone dan perangkat teknologi asing lainnya digunakan oleh pegawai pemerintah. Bloomberg juga melaporkan larangan pengunaan iPhone akan diperluas ke lembaga pemerintah lainnya dalam waktu dekat.



Sebelumnya, pemerintah China menepis laporan telah melarang penggunaan iPhone oleh lembaga pemerintah. Namun, mereka tetap mengkritik Apple dan mengatakan prihatin dengan banyaknya pemberitaan mengenai insiden keamanan yang terkait dengan iPhone.

Untuk diketahui, China melarang para pejabat menggunakan iPhone selama bekerja. Bahkan mereka juga tidak diizinkan membawa ponsel tersebut ke kantor. Kebijakan ini dilaporkan telah diberlakukan dalam beberapa minggu terakhir.



Kabar ini belum diungkapkan atau dijelaskan secara terbuka oleh pemerintah China, namun ini diperkirakan bertujuan untuk menghilangkan risiko keamanan nasional negara tersebut. Jauh sebelumnya, Amerika Serikat sendiri juga memboikot sejumlah merek asal China, salah satunya adalah Huawei .
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2929 seconds (0.1#10.140)