Ini 8 Fitur Baru di iPhone 15, Perlu Upgrade atau Enggak Ya?

Rabu, 13 September 2023 - 11:31 WIB
loading...
Ini 8 Fitur Baru di iPhone 15, Perlu Upgrade atau Enggak Ya?
CEO Apple Tim Cook tampak menggenggam iPhone 15 yang baru saja diluncurkan. Foto: ist
A A A
CUPERTINO - Apple resmi mengenalkan lini produk iPhone 15 terbaru. Ada iPhone 15 , iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, serta iPhone 15 Pro Max. Warganet Indonesia pun bertanya-tanya, apa saja fitur barunya?

Lini produk iPhone 15 mendapatkan reaksi beragam dari warganet. Sebagian sudah menantikan, tapi banyak juga yang kecewa. Sebab, tidak terlalu banyak perubahan berarti dibandingkan dengan iPhone 14.

Bahkan, sejak iPhone 12 Apple sendiri tidak memberikan pembaruan yang sangat signifikan. Maka, pertanyaan pun bermunculan, perlu nggak sih pengguna iPhone 14 untuk upgrade? Nah, untuk menjawabnya, berikut fitur-fitur baru dari iPhone 15 yang perlu diketahui:

Semua fitur baru yang ada di lini iPhone 15:

1. Chipset A17 Bionic

Chipset A17 Bionic adalah chipset mobile terbaru dari Apple yang dirancang khusus untuk iPhone. Chipset ini menggunakan arsitektur ARMv9 baru dan diklaim memiliki performa lebih kencang dan efisien dibanding A16 Bionic di iPhone 14. Apple klaim chipset ini cocok untuk gaming.

2. Port USB-C
Ini 8 Fitur Baru di iPhone 15, Perlu Upgrade atau Enggak Ya?

iPhone 15 menjadi seri iPhone pertama yang menggunakan port USB-C. Port USB-C adalah port standar yang digunakan oleh sebagian besar perangkat elektronik, termasuk laptop, komputer, dan tablet.

Perubahan ini membuat iPhone lebih kompatibel dengan perangkat elektronik lainnya. Semua iPhone 15 menggunakan port USB-C, dengan kecepatan transfer 480 MB/detik. Khusus iPhone 15 Pro Max, bisa langsung merekam ke HDD eksternal untuk kebutuhan profesional.

3. Kamera belakang 48MP

Apple menambah kamera belakang iPhone 15 dengan sensor lebih besar, yaitu 48MP. Sensor lebih besar memungkinkan iPhone mengambil foto dan video lebih baik, terutama di kondisi cahaya rendah. Adapun kamera depan iPhone 15 juga memiliki sensor lebih besar, 12MP. Perbedaan utamanya, di iPhone 15 Pro Max yang kini memiliki 5x zoom.

4. Dynamic Island untuk iPhone 15 dan 15 Plus

iPhone 15 dan 15 Plus kini sudah menggunakan Dynamic Island yang sebelumnya hanya tersedia di iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. Meski demikian, chipsetnya masih memakai model A16 Bionic. Chipset baru A17 Bionic hanya ada di iPhone 15 Pro dan Pro Max.

5. Layar OLED dengan teknologi ProMotion
Ini 8 Fitur Baru di iPhone 15, Perlu Upgrade atau Enggak Ya?

Layar iPhone 15 menggunakan teknologi ProMotion yang mendukung refresh rate 120Hz. Refresh rate yang lebih tinggi membuat layar iPhone menjadi lebih responsif dan animasinya menjadi lebih halus. Selain itu, bodi dari iPhone 15 juga sudah menggunakan titanium sehingga lebih ringan. Bezelnya pun sedikit lebih tipis.

6. Baterai lebih tahan lama

iPhone 15 memiliki baterai yang lebih tahan lama dari iPhone 14. Hal ini dikarenakan chipset A17 Bionic yang lebih efisien dan fitur-fitur baru yang lebih hemat daya.

7. Sistem operasi iOS 17

iPhone 15 menjalankan sistem operasi iOS 17 yang baru. iOS 17 memiliki fitur-fitur baru, seperti Live Text, Visual Look Up, dan SharePlay.


8. Tombol Action Baru

Ini 8 Fitur Baru di iPhone 15, Perlu Upgrade atau Enggak Ya?
iPhone 15 tidak lagi memakai tombol Silent di kiri HP. Tapi, diganti jadi tombol Action yang fungsinya bisa diubah-ubah lewat Settings. Misalnya, ketika dipencet bisa mengaktifkan senter, kamera, masuk ke menu, dan lainnya. Tombol itu juga bisa dipakai walau layar dalam keadaan terkunci.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1848 seconds (0.1#10.140)