Rusak Sistem Navigasi, Teknologi Iran Ini Jadi Mimpi Buruk AS di Teluk Persia

Selasa, 05 September 2023 - 19:00 WIB
loading...
Rusak Sistem Navigasi, Teknologi Iran Ini Jadi Mimpi Buruk AS di Teluk Persia
Teknologi Iran ini jadi mimpi buruk AS di Teluk Persia karena merusak sistem navigasi kapal AS. FOTO/ Cimsec
A A A
TEHERAN - Tak hanya urusan senjata, teknologi elektronik Iran pernah mengganggu sistem komunikasi dan navigasi kapal perang Amerika Serikat di Teluk Persia.

BACA JUGA - China dan Iran Produksi Chip Semikonduktor Berteknologi AI, AS Panas Dingin

Seperti dilansir dari Cimsec, hal ini telah terjadi beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir, dan telah menimbulkan kekhawatiran di Amerika Serikat dan sekutunya.

Pada tahun 2019, Iran menyita tiga kapal tanker komersial asing di Teluk Persia. Angkatan Laut Amerika Serikat menuduh Iran menggunakan sistem Elektronic War (EW) untuk mengganggu sistem komunikasi dan navigasi kapal-kapal tanker tersebut.

Hal ini membuat kapal-kapal tanker tersebut sulit untuk berkomunikasi dengan kapal perang AS dan akhirnya disita oleh Iran.

Pada tahun 2021, Angkatan Laut AS juga melaporkan bahwa kapal-kapalnya telah mengalami gangguan komunikasi dan navigasi saat berada di Teluk Persia.

Angkatan Laut AS menuduh Iran menggunakan sistem EW untuk mengganggu kapal-kapalnya.

Iran telah membantah tuduhan-tuduhan tersebut. Iran mengatakan bahwa mereka menggunakan sistem EW untuk melindungi perairannya dari kapal-kapal yang diduga melakukan pelanggaran.

Gangguan sistem EW oleh Iran dapat memiliki konsekuensi yang serius bagi kapal perang Amerika Serikat. Gangguan ini dapat membuat kapal-kapal tersebut sulit untuk berkomunikasi dengan kapal-kapal lain, mengkoordinasikan pergerakan, dan menggunakan sistem senjatanya. Hal ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan dan konflik.

Amerika Serikat telah meningkatkan upayanya untuk melawan gangguan sistem EW oleh Iran. Angkatan Laut AS telah mengembangkan sistem-sistem baru untuk melawan gangguan EW, dan telah meningkatkan pelatihannya untuk menghadapi situasi ini.

Amerika Serikat juga telah bekerja sama dengan sekutunya untuk meningkatkan kehadiran militer di Teluk Persia. Hal ini dimaksudkan untuk mengirim pesan kepada Iran bahwa Amerika Serikat dan sekutunya akan terus melindungi kebebasan navigasi di wilayah tersebut.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)