Berkat Fitur iPhone, Wanita Ini Selamat dari Banjir Bandang

Selasa, 05 September 2023 - 09:09 WIB
loading...
Berkat Fitur iPhone, Wanita Ini Selamat dari Banjir Bandang
Fitur SOS di iPhone 14 banyak menyelamatkan nyawa penggunanya. Foto: Apple
A A A
AMERIKA - Manfaat fitur SOS di iPhone tak perlu diragukan lagi bagi pengguna yang sedang mengalami situasi darurat. Hal ini telah dibuktikan langsung oleh seorang wanita berusia 38 tahun asal Amerika Serikat.

Seperti dilansir dari Mashable, Selasa (5/9), fitur SOS di iPhone telah berhasil menyelamatkan wanita tersebut dan juga anjingnya yang terjebak dalam banjir bandang di Utah. Nyawanya tertolong setelah tersapu air banjir.

Ini dimungkinkan karena wanita itu segera mengirimkan koordinat GPS-nya melalui SOS iPhone dengan fitur satelit. Regu penyelamat setempat kemudian menerima kordinatnya dan langsung melakukan pertolongan.

Fitur yang disertakan di iPhone 14 dan iPhone 14 Pro ini menggunakan konektivitas satelit untuk mengirim pesan ke responden lokal dalam keadaan darurat, bahkan ketika tidak ada layanan seluler sekalipun.

Berdasarkan penuturan petugas setempat, kejadian bermula ketika wanita yang tidak disebutkan namanya itu sedang mendaki di Mary Jane Canyon bersama anjingnya. Saat dia mendengar banjir bandang datang, dia langsung mencoba untuk mencapai tempat yang lebih tinggi, tetapi air tetap menggapainya.

Wanita ini kemudian terus berjalan sekitar 150-200 kaki, dan sempat kehilangan sepatunya. Setelah itu dia mengaktifkan fitur SOS darurat di iPhone-nya dan tim penyelamat berhasil menerima pesannya.



Tim kemudian mengirim helikopter untuk melakukan pencarian sekitar dua mil dari lokasi GPS aslinya. Beberapa waktu melakukan pencarian, akhirnya wanita itu berhasil ditemukan dengan kondisi badan penuh lumpur.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2276 seconds (0.1#10.140)