Ini Fitur di Samsung Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 yang Bikin Hari-hari Lebih Produktif

Selasa, 05 September 2023 - 07:42 WIB
loading...
Ini Fitur di Samsung Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 yang Bikin Hari-hari Lebih Produktif
Ada sejumlah fitur di Samsung Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 yang bisa dioptimalkan untuk produktivitas. Foto: Sindonews/Tangguh Yudha
A A A
BANDUNG - Smartphone layar lipat Samsung Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 sudah diluncurkan. Kedua perangkat hadir dengan membawa pembaruan signifikan dari generasi sebelumnya serta segudang fitur yang bisa membuat hari-hari lebih produktif.

Verry Octavianus selaku MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia menyebut sedikitnya ada 4 fitur baru di perangkat Samsung Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 yang bisa sangat bermanfaat bagi keseharian pengguna.

Fitur-fitur tersebut antara lain Flex Window dengan banyak widget, Multi Window, Flex Mode Panel, dan Pro-Grade Camera. Lantas bagaimana cara menggunakannya? Berikut langkah-langkahnya, sebagaimana dijelaskan Verry:

Flex Window
Ini Fitur di Samsung Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 yang Bikin Hari-hari Lebih Produktif

Fitur Flex Window memunculkan berbagai aplikasi dan widget di Cover Screen bisa ditemukan di perangkat Galaxy Z Flip5. Didukung layar berukuran 3,4 inci, fitur Flex Window bisa memuat banyak widget sehingga menciptakan rutinitas lebih praktis.

Pengguna bisa mudah berbalas chat, cek agenda, bikin konten selfie, hingga streaming konten digital tanpa harus membuka layar utama. Adapun cara memunculkan berbagai aplikasi tersebut di Cover Screen adalah sebagai berikut:

- Pengguna cukup menggeser layar ke kiri hingga muncul ikon (+) untuk menambahkan widget.
- Jika pengguna ingin menyesuaikan widget lebih banyak, cukup masuk ke menu pengaturan, layar depan, dan pilih widget. Di sini bisa mengaktifkan atau menonaktifkan widget yang ditampilkan.
- Untuk pengguna yang ingin menampilkan aplikasi, cukup mengakses fitur lanjutan (advanced features) pada menu pengaturan dan memilih 'Labs'.
- Nantinya bisa mengaktifkan berbagai aplikasi seperti Google Messages, WhatsApp, YouTube, Netflix, hingga Google Maps di Cover Screen.

Multi Window

Dengan mengaktifkan Multi Window, pengguna bisa mengakses berbagai aplikasi dalam perangkat smartphone Galaxy Z Fold5 yang memiliki layar lapang. Ini akan berguna untuk aktivitas multitasking yang membutuhkan taskbar yang cukup banyak.

Di sini pengguna bisa menyimpan hingga 4 recent apps untuk akses cepat ke lebih banyak aplikasi yang sering digunakan. Untuk mengaktifkannya, simak langkah-langkah berikut:

- Mengaktifkan Multi Window bisa dilakukan dengan sekali klik melalui menu display yang bisa ditemukan di pengaturan
- Aktifkan hidden pop-up untuk menampilkan maupun menyembunyikan floating apps dengan cepat
- Untuk menyalakan fitur ini, pengguna cukup masuk ke fitur lanjutan dan menu ‘Labs’ pada pengaturan lalu aktifkan ‘Multi window for all apps’ termasuk mengatur cara-cara memindahkan panel aplikasi di layar sesuai preferensi
- Jika sudah menyala, pengguna bisa memindahkan aplikasi semudah drag & drop menu yang ada di taskbar ataupun edge panel pada bagian sisi samping layar
- Untuk mengatur Multi Window, pengguna bisa membuka pilihan dari bagian atas layar ataupun menggunakan swipe gesture dua jari pada layar ke arah kanan, kiri, ataupun bawah.

Flex Mode Panel

Flex Mode Panel di Galaxy Z Fold5 memberikan experience baru saat pengguna menonton video. Durabilitas lipatan yang kokoh ini juga didesain memiliki fungsi yang mengesankan, salah satunya, pengguna bisa memanfaatkannya untuk berselancar di perangkat dengan praktis.

Dengan fitur yang satu ini, pengguna bisa merasakan pengalaman seperti menggunakan laptop mini. Untuk memunculkan touchpad pada toolbar, bisa dengan cara sebagai berikut:

- Aktifkan Flex Mode Panel
- Pengguna juga dapat mengatur trackpad pada pilihan general management di settings
- Dengan begitu, lengguna bisa menyalakan multi-finger gestures yang mempermudah keseharian kamu ketika sedang menyaksikan video
- Di Flex Mode Panel ini, pengguna juga bisa memunculkan beberapa opsi pilihan menu lain seperti informasi konten yang sedang diakses, tombol rewind/forward for 10 sec, adjustable toolbar, hingga mini control.

Dual Preview
Ini Fitur di Samsung Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 yang Bikin Hari-hari Lebih Produktif

Fitur Dual Preview memungkinkan pengguna mengintip hasil konten secara langsung dari Cover Screen. Cara ini akan sangat membantu pengguna saat tengah membuat konten seorang diri sehingga tak perlu repot berpindah-pindah untuk mengecek hasil yang didapat.

Selain itu pengguna akan mudah memiliki foto atau video selfie dengan hasil yang jernih karena dapat memaksimalkan kamera utama. Untuk memanfaatkannya bisa dengan beberapa langkah mudah, berikut caranya:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5746 seconds (0.1#10.140)