Ciri-Ciri WhatsApp Bermodus Soceng, Bisa Sedot Habis Rekening

Jum'at, 01 September 2023 - 10:30 WIB
loading...
Ciri-Ciri WhatsApp Bermodus Soceng, Bisa Sedot Habis Rekening
Soceng alias social engineering adalah kejahatan di sektor keuangan yang marak terjadi di era digital. (Foto: Android Authority)
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri WhatsApp bermodus soceng perlu diketahui. Sebab, jika tidak waspada, rekening bisa habis tersedot.

Soceng , kependekan dari social engineering, adalah kejahatan di sektor keuangan yang marak terjadi di era digital seperti sekarang. Hal ini kian meresahkan karena dapat menimbulkan kerugian yang besar bagi korban. Ditambah lagi, modusnya semakin beragam dan canggih.

Dikutip dari media sosial Otoritas Jasa Keuangan @ojkindonesia, ada berbagai bentuk serangan soceng. Di antaranya phising, scamphone, dan impersonation call. Pelaku soceng umumnya menghubungi calon korbannya melalui email, telepon, atau media sosial seperti WhatsApp. Data-data penting korban pun bisa dicuri, yang ujung-ujungnya rekening korban bisa terkuras.



Berikut ciri-ciri WhatsApp bermodus soceng.

1. Link resi paket

Salah satu modus soceng di WhatsApp adalah dengan modus mengirimkan link resi paket. Pelaku berpura-pura sebagai kurir paket, lalu mengirimkan link resi pengiriman paket tersebut. Umumnya, tautan tersebut memiliki ekstension file APK yang dimanipulasi dan disertai foto paket.

Jika korban mengklik link dan aplikasi ter-install, maka data-data penting miliknya yang tersimpan di perangkat smartphone dapat dicuri. Termasuk, informasi mengenai mobile banking korban dan OTP (One Time Password).

2. Surat undangan pernikahan

Pesan WhatsApp bermodus soceng juga berupa undangan pernikahan. Sama seperti link resi paket, undangan pernikahan yang dikirimkan juga dalam bentuk file APK.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1951 seconds (0.1#10.140)