Google Doodle Hari Ini Tampilkan Keindahan Danau Toba

Kamis, 31 Agustus 2023 - 05:19 WIB
loading...
Google Doodle Hari Ini Tampilkan Keindahan Danau Toba
Google menampilkan doodle cantik ilustrasi danau yang dikelilingi perbukitan pada halaman muka, Kamis (31/8/2023). Foto/Google
A A A
JAKARTA - Google menampilkan doodle cantik ilustrasi danau yang dikelilingi perbukitan pada halaman muka, Kamis (31/8/2023). Ini menandai perayaan penetapan Danau Toba di Sumatera Utara sebagai Global Geopark UNESCO.

Penetapan situs yang berada di Indonesia tersebut berlangsung dalam sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris. Prancis tahun 2020. Dalam sidang itu, Dewan Eksekutif menetapkan 16 UNESCO Global Geopark baru, termasuk Kaldera Toba.

“Danau Toba merupakan alam akibat letusan gunung berapi dahsyat dari Kaldera Toba ribuan tahun lalu. Danau Toba juga menawarkan pemandangan indah dan merupakan rumah bagi Geopark Global UNESCO," tulis Google.



Kaldera Danau Toba masuk daftar UNESCO setelah dinilai dan diputuskan oleh UNESCO Global Geoparks Council pada Konferensi Internasional UNESCO Global Geoparks ke-IV di Lombok, Indonesia.

Untuk diketahui, Kaldera Toba sendiri meletus lebih dari 74.000 tahun yang lalu dan menciptakan Danau Toba. Letusan besar itu menyebabkan ruang magma gunung berapi runtuh hingga membentuk pulau yang dikenal pulau Samosir.

Banyak wisatawan yang mengunjungi Danau Toba karena alamnya yang menakjubkan. Selain itu di Danau Toba juga terdapat aktivitas luar ruangan seperti paralayang dan juga berkayak melintasi danau.

(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)