Ajaib, Wanita Stroke Ini Bisa Kembali Bicara Berkat Teknologi Game dan Kecerdasan Buatan

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 10:29 WIB
loading...
Ajaib, Wanita Stroke Ini Bisa Kembali Bicara Berkat Teknologi Game dan Kecerdasan Buatan
Seorang penderita stroke berhasil kembali bicara lewat teknologi video game dan AI yang dikembangkan ilmuwan. Foto: The Telegraph
A A A
SAN FRANSISCO - Seorang wanita yang kehilangan kemampuan bicaranya karena stroke kini bisa kembali bicara berkat teknologi video game . Ia ditolong oleh teknologi animasi wajah berbasis kecerdasan buatan (AI) yang biasa digunakan untuk game.

Ini terjadi lewat kolaborasi antara -erusahaan software animasi wajah Speech Graphics dan peneliti di UC San Francisco dan UC Berkeley untuk menciptakan antarmuka otak-komputer yang dapat memulihkan komunikasi bagi orang-orang yang lumpuh.

Tim tersebut melacak bagian otak wanita yang bertanggung jawab untuk berbicara dan menanamkan 253 elektroda berbentuk persegi panjang setipis kertas di dekat permukaan area tersebut.

Elektroda kemudian menerjemahkan sinyal otaknya dan, melalui kabel yang dipasang pada implan, mengirimkannya ke komputer tempat algoritma AI dilatih untuk membaca aktivitas otaknya.

Ajaib, Wanita Stroke Ini Bisa Kembali Bicara Berkat Teknologi Game dan Kecerdasan Buatan

Dilansir dari Mashable, Jumat (25/8), Speech Graphics membuat avatar dengan teknologi animasi wajah berbasis AI, yang biasanya digunakan untuk video game seperti Fortnite.

AI kemudian mempelajari kosakata lebih dari 1.000 kata selama beberapa minggu, yang kemudian direproduksi dalam audio berdasarkan rekaman suaranya sendiri sebelum stroke.



Meskipun ini masih merupakan bukti konsep, keberhasilan avatar serba bisa ini telah meningkatkan harapan bahwa teknologi ini dapat segera membantu banyak orang. Kita tunggu saja dalam beberapa waktu kedepan hingga teknologi benar-benarmatang.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1502 seconds (0.1#10.140)