Domain Id Dukung Kedaulatan Internet Indonesia

Rabu, 16 Agustus 2023 - 19:31 WIB
loading...
Domain Id Dukung Kedaulatan Internet Indonesia
Penggunaan domain .id sebagai identitas digital Indonesia ini diharapkan mampu mendukung kedaulatan internet Indonesia. FOTO/ CNET
A A A
BALIKPAPAN - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) sepakat menjalin kerja sama dalam mendukung domain.id sebagai identitas digital Indonesia melalui penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan di Balikpapan pada Rabu (16/8/2023).



Penandatanganan Nota Kesepahaman ini dilakukan oleh Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid, dan Ketua PANDI, John Sihar Simanjuntak dengan disaksikan oleh pejabat Kadin Indonesia dan pejabat PANDI .

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid, mengatakan bahwa Kadin Indonesia siap untuk mendukung domain .id agar wajib digunakan oleh seluruh anggota Kadin Indonesia.

“Saya mengajak seluruh anggota Kadin Indonesia untuk menggunakan domain .id sebagai identitas digitalnya dalam upaya mendorong kemajuan identitas digital Indonesia. Saya berharap kerja sama ini dapat diimplementasikan dengan baik agar memberikan manfaat bagi anggota Kadin Indonesia” harap Arsjad.

Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi dan Informasi, Firlie Ganinduto, menyampaikan bahwa kerjasama antara Kadin Indonesia dan PANDI dalam mendukung domain .id sebagai identitas digital Indonesia merupakan langkah penting dalam mempercepat proses digitalisasi UMKM di Indonesia.

Lebih lanjut, Ketua PANDI John Sihar Simanjuntak menjelaskan bahwa kerja sama ini nantinya juga akan meliputi kerja sama lain seperti sosialisasi, pelatihan atau seminar dalam pemanfaatan Nama domain .id.

“Selain penggunaan Nama domain .id sebagai identitas digital bagi para anggota Kadin Indonesia, kerja sama ini juga meliputi sosialisasi/pelatihan/seminar terkait cara pembuatan website/email menggunakan domain .id, pemanfaatan platform s.id dalam setiap kegiatan Kadin Indonesia dan pelibatan Kadin Indonesia sebagai salah satu pemangku kepentingan nama domain Indonesia,” jelas John.

John juga menjelaskan bahwa penggunaan domain .id sebagai identitas digital Indonesia ini diharapkan mampu mendukung kedaulatan internet Indonesia.

“Penandatanganan Nota Kesepahaman ini juga dilakukan di lingkungan IKN dan berdekatan dengan peringatan HUT ke-78 RI sebagai simbol komitmen penggunaan domain .id dalam mendukung Kedaulatan Internet Indonesia dan juga Kedaulatan bangsa Indonesia,” terang John.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)