Cara Mengatasi Video Tidak Dapat Diputar di Google Drive dengan Mudah

Kamis, 17 Agustus 2023 - 11:35 WIB
loading...
Cara Mengatasi Video Tidak Dapat Diputar di Google Drive dengan Mudah
Cara mengatasi video tidak dapat diputar di Google Drive penting dipahami. Foto: CNET
A A A
JAKARTA - Meskipun dikenal sebagai platform terpercaya, ada saja video yang tidak bisa diputar di Google Drive . Biasanya permasalahan tersebut dimulai dari format video yang tidak mendukung maupun ukuran video yang terlalu besar.

Google Drive sendiri merupakan layanan penyimpanan file dan berkas dari Google yang berbasis cloud. Cloud adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan file di server internet, bukan di memori penyimpanan fisik perangkat.

Dengan Google Drive, pengguna dapat mengedit file, seperti foto dan video serta bisa langsung menyimpannya. Lantas, bagaimana jika video yang disimpan tidak bisa diputar? Berikut ulasannya:

Cara Mengatasi Video Tidak Dapat Diputar di Google Drive

1. Update browser ke versi terbaru

Perbarui browser dan aplikasi Google Drive Anda ke versi terbaru. Versi baru biasanya dapat memperbaiki bug atau masalah kompatibilitas yang dapat mengganggu pemutaran video.

2. Memutar video di jendela baru

Memutar video di tab baru juga menjadi salah satu solusinya. Buka Google Drive di browser Anda dan temukan video yang tidak dapat Anda putar. Klik kanan dan pilih Pratinjau. Klik ikon tiga titik di kanan atas dan pilih opsi Buka di Jendela Baru.

3. Nonaktifkan ekstensi browser

Nonaktifkan ekstensi browser yang mungkin mengganggu Google Drive, seperti ad blocker atau VPN. Ekstensi browser adalah program tambahan yang dapat meningkatkan fungsionalitas browser.

Namun, beberapa ekstensi mungkin tidak kompatibel dengan Google Drive atau dapat memblokir konten tertentu, seperti iklan atau video.

4. Mengecek koneksi internet

Selanjutnya, Anda juga bisa memastikan koneksi internet Anda benar-benar lancar. Apabila kecepatannya sedang tidak bagus, maka Anda bisa mengganti koneksi internet ke provider lain terlebih dahulu. Namun dianjurkan untuk mengganti koneksi jaringan menggunakan WiFi.


5. Menghapus cache pada browser

Cache yang menumpuk pada browser juga bisa membuat masalah pada pencarian browser itu sendiri. Hal ini dikarenakan browser memiliki space lebih untuk menyimpan data dari cache tersebut.

Maka dari itu disarankan untuk menghapus cache browser pada perangkat yang digunakan untuk memutar video di Google Drive. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi video tidak dapat diputar diGoogleDrive.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1319 seconds (0.1#10.140)