Canggih! Teknologi LiDAR Kini Terintegrasi dengan Kecerdasan Buatan

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 12:46 WIB
loading...
Canggih! Teknologi LiDAR Kini Terintegrasi dengan Kecerdasan Buatan
Teknologi LiDAR Kini Terintegrasi dengan AI. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Teknologi LiDAR Smartphone kini telah terintegrasi dengan kecerdasan buatan (AI). Teknologi ini menjadi salah satu teknologi yang banyak diperbincangkan.



Dan kini PT Global Narotama Sakti (GLONAS) telah mengembangkan LiDAR Smartphone yang terintegrasi dengan AI.

Sistem ini telah didesain untuk membantu pelaku industri tambang serta auditor dalam melakukan inspeksi perhitungan volume stockpile curah secara cepat, akurat, dan efisien.

Inspeksi dan perhitungan volume stockpile curah merupakan tugas yang penting namun sering kali memerlukan waktu dan usaha yang signifikan.

Dengan menggabungkan teknologi Lidar canggih dengan kecerdasan buatan, GLONAS menciptakan alat yang dapat mengubah cara inspeksi dilakukan.

Dengan menggunakan Lidar, smartphone ini mampu memetakan lingkungan secara tiga dimensi dengan akurasi tinggi. Teknologi Lidar memancarkan pulsa laser yang kemudian dipantulkan kembali oleh objek di sekitarnya, memungkinkan perangkat untuk mengukur jarak dan menciptakan peta yang sangat rinci.

Namun, yang membuat solusi ini benar-benar revolusioner adalah integrasi kecerdasan buatan. Sistem AI dalam LiDAR Smartphone dapat mengenali objek yang dipetakan, mengklasifikasikannya, dan bahkan menghitung pendekatan berat jenis (density) dari objek-objek tersebut.

Informasi berat jenis ini menjadi penting dalam perhitungan massa atau berat dari stockpile curah, yang merupakan faktor kunci dalam operasi pertambangan.

Selanjutnya, teknologi AI juga mampu mendeteksi perimeter dengan mengenali objek yang homogen, seperti batas dari stockpile curah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6310 seconds (0.1#10.140)