Perang Kamera Ponsel Premium, Pilih iPhone 15 Pro Max atau Galaxy S24 Ultra

Kamis, 10 Agustus 2023 - 15:41 WIB
loading...
Perang Kamera Ponsel Premium, Pilih iPhone 15 Pro Max atau Galaxy S24 Ultra
Perang fitur kamera di level ponsel premium mulai terjadi. (Foto: Technizo Concept)
A A A
JAKARTA - Perang fitur kamera di level ponsel premium dimulai. Kabarnya, demi mengimbangi Samsung Galaxy S24 Ultra yang akan dirilis ke publik tahun depan, fitur kamera iPhone 15 Pro Max dipercanggih.

Langkah produsen iPhone ini direalisasikan dalam satu atau dua bulan ke depan. Kesannya mungkin impulsif, namun teknologi kamera lensa telefoto pada Galaxy S23 Ultra memang sulit ditandingi. Rahasianya terletak pada fitur kamera zoom 3x S24 Ultra.
Akun Ice Universe (@UniverseIce) pernah membahas tentang teknologi kamera canggih Samsung tadi. Mereka membocorkan rencana Samsung yang akan fokus pada peningkatan kinerja untuk lensa 3x.

"Saya memiliki keyakinan penuh bahwa Galaxy S24 Ultra telah meningkatkan kinerja kamera 3x, yang berarti bahwa kualitas gambar 3x ~ 10x akan membawa peningkatan yang signifikan," kata seorang sumber anonim dilansir dari Tom’s Guide, Kamis (10/8/2023).

Tweet akun tadi berkaitan dengan rumor Galaxy S24 Ultra yang mengklaim varian flagship masa depannya menampilkan lensa telefoto variabel 3x hingga 10x. Walhasil, fitur kamera Samsung seri diperkirakan lebih besar kapasitasnya hingga 11% tahun depan.



Peningkatan kualitas kamera tadi juga terkait dengan ukuran sensor Galaxy S24 Ultra. Ukuran awal sensor kamera 1 inchi yang akan terasa lebih besar daripada sensor 1/1.4 (0.87) inchi yang mungkin disematkan sebagi fitur iPhone 15 Pro Max.
Semua peningkatan ini membuat kamera dapat menangkap lebih banyak cahaya serta meningkatkan kecerahan dan rentang dinamis gambar yang ditangkap.

Meski ponsel besutan Apple saat ini dianggap tertinggal dari jajaran Galaxy S23 dalam hal ketajaman bidikan gambar, pabrikan ini tak putus asa. Mereka terus mengembangkan fitur kamera model Pro Max Apple dengan mengadopsi lensa gaya periskop.

Teknologinya memberikan zoom optik 6x. Meski belum bisa menandingi Galaxy S23 Ultra dengan zoom 10x, tetapi jelas merupakan peningkatan pada zoom 3x yang didukung oleh model iPhone 14 Pro saat ini.



Sedangkan untuk Galaxy S24 Ultra, diperkirakan akan menampilkan bodi titanium, selaras dengan peningkatan yang dikabarkan pada jajaran iPhone 15 Pro. Jika Universe Ice dipercaya, S24 akan memiliki baterai 5.000 mAh yang sama dengan S23 Ultra tetapi dengan kecepatan pengisian daya yang lebih baik.

Perang ponsel premium ini sangat dinamis kompetitif. Tidak sabar menunggu peluncuran resmi S24 Ultra untuk mengonfirmasi kameranya secara spesifik.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3309 seconds (0.1#10.140)