5 Fitur Baru Whatsapp, Bisa Screen Sharing saat Video Call?

Selasa, 08 Agustus 2023 - 18:16 WIB
loading...
5 Fitur Baru Whatsapp, Bisa Screen Sharing saat Video Call?
5 fitur baru WhatsApp menarik untuk diketahui, dan akan tersedia dalam waktu dekat lewat update aplikasi. Foto: WhatsApp
A A A
JAKARTA - WhatsApp terus berinovasi dengan fitur-fitur baru. Selain soal keamanan, beberapa fitur yang jadi fokus mereka belakangan adalah soal video call, mengedit pesan, hingga status suara.

Nah, berikut adalah 5 fitur terbaru WhatsApp yang bisa didapatkan setelah kalian memperbarui aplikasi:

1. Mencari Pesan Menggunakan Tanggal

Fitur pencarian pesan berdasarkan tanggal di WhatsApp kini telah tersedia untuk semua pengguna iPhone. Ini akan membantu pengguna menemukan pesan tertentu dalam riwayat percakapan yang panjang.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menemukan dan mencari pesan berdasarkan tanggal. Untuk menggunakan fitur ini, pastikan aplikasi WhatsApp telah diperbarui ke versi 23.1.75.

Setelah itu, buka jendela percakapan –> klik pada profil –> ketuk 'Pencarian' –> kotak pencarian akan muncul pada jendela percakapan. Untuk mencari pesan berdasarkan tanggal, pilih ikon kalender tepat di atas papan ketik layar dan pilih tanggal serta bulan yang diinginkan.

2. Merekam Video Hands-Free

Untuk mempermudah pengambilan gambar dan video, WhatsApp telah mengubah antarmuka kamera bawaan dengan memperkenalkan mode video yang khusus. Sebelumnya, pengguna harus menekan dan menahan tombol kamera untuk merekam video.

Dengan antarmuka pengguna yang telah diubah, opsi video kini memiliki tombol tersendiri yang dapat dipilih oleh pengguna untuk merekam video, sama seperti pada aplikasi kamera default ponsel. Mode video yang khusus ini saat ini tersedia pada versi nomor 2.23.2.76 untuk Android.

3. Status Suara

Setelah menjalani pengujian beta selama beberapa bulan terakhir, WhatsApp telah mulai meluncurkan fitur status suara pada Android dan iOS. Fitur ini memungkinkan pengguna mengirim pesan suara dalam bentuk pembaruan status kepada kontak mereka. Untuk menggunakan fitur ini, pergilah ke tab 'Status' di WhatsApp dan pilih ikon 'pensil' di bagian bawah. Pada layar berikutnya, ketuk ikon 'mikrofon' dan mulai merekam pesan suara selama maksimal 30 detik.

4. Mengedit Pesan

Sama seperti Telegram, pengguna WhatsApp sekarang dapat mengedit pesan yang telah dikirim. Ini bisa berguna untuk memperbaiki atau mengubah teks pesan. Tetapi ada satu syarat. Pesan hanya dapat diedit dalam waktu 15 menit pertama setelah pengiriman dan teks 'diedit' akan secara khusus disebutkan di bawah pesan-pesan tersebut.


5. Screen Sharing

WhatsApp sekarang sedang meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna dengan mudah berbagi layar mereka selama panggilan video. Tampaknya fitur ini tersedia bagi sebagian pengujian beta yang menginstal pembaruan WhatsApp beta terbaru untuk Android versi 2.23.11.19 dari GooglePlayStore.

MG/Thesalonika Alvina
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2063 seconds (0.1#10.140)