Begini Cara Tingkatkan Keamanan WhatsApp Agar Tidak Mudah Disadap

Senin, 07 Agustus 2023 - 11:20 WIB
loading...
Begini Cara Tingkatkan Keamanan WhatsApp Agar Tidak Mudah Disadap
Saat ini aplikasi WhatsApp telah memiliki lapisan privasi ekstra, dan kontrol lebih besar atas pesan yang dikirimkan pengguna. Foto/The Sight News
A A A
JAKARTA - WhatsApp menjadi aplikasi perpesanan yang paling diandalkan bagi kebanyakan orang. Dengan perannya yang begitu penting dalam menyajikan layanan komunikasi, tentu keamanan WhatsApp patut diperhatikan oleh seluruh pengguna.

Di WhatsApp, pengguna wajib memastikan pesan yang dilontarkan bersifat pribadi dan aman. Meskipun pada dasarnya WhatsApp telah menggunakan enkripsi end-to-end, penting untuk menyertakan sistem keamanan tambahan.

Saat ini aplikasi WhatsApp telah memiliki lapisan privasi ekstra, dan kontrol lebih besar atas pesan yang dikirimkan pengguna. Peningkatan sistem keamanan ini perlu dimanfaatkan agar WhatsApp tidak bisa diintip oleh orang lain.



Tak perlu khawatir akan mengalami kesulitan karena untuk meningkatkan keamanan di WhatsApp bisa dilakukan dengan mudah. Lantas bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya, dihimpun dari berbagai sumber, Senin (7/8/2023).

Gunakan verifikasi dua langkah

WhatsApp dalam statusnya mengumumkan bahwa mereka telah menambah lapisan keamanan tambahan di platformnya. Ini bisa dimanfaatkan oleh pengguna dengan cara mengaktifkan fitur keamanan verifikasi dua langkah.

Fitur ini diklaim mampu mencegah akun kalian diretas atau disadap oleh orang lain. Penggunaannya sendiri cukup mudah. Adapun untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah adalah sebagai berikut:

- Pertama, buka aplikasi WhatsApp dan klik titik tiga di pojok kanan atas
- Kemudian pilih menu Setelan lalu pilih menu Akun
- Klik opsi Verifikasi dua langkah lanjut klik tombol Aktifkan
- Setelah itu masukkan pin enam digit sesuai keinginan
- Konfirmasikan dan masukkan alamat email untuk keamanan ekstra
- Klik Berikutnya untuk konfirmasi alamat email lalu tekan Simpan, Selesai.

Untuk membantu mengingat pin, WhatsApp akan meminta memasukkan pin secara berkala. Jika lupa, pengguna harus menunggu tujuh hari sebelum dapat mengatur ulang pin yang digunakan.

Jika ingin menonaktifkan pin, dapat melakukannya dengan membuka Setelan > Akun > Verifikasi dua langkah > Nonaktifkan. Untuk mengubahnya, buka Setelan > Akun > Verifikasi dua langkah > Ubah Pin. Semoga bermanfaat.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2300 seconds (0.1#10.140)