Berkat SOS Satelit Apple, Kebakaran Hutan di Kanada Berhasil Dicegah

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 17:52 WIB
loading...
Berkat SOS Satelit Apple, Kebakaran Hutan di Kanada Berhasil Dicegah
Fitur SOS satelit Apple berhasil mendapat sorotan sejak pertama kali diumumkan. Sekarang fitur tersebut terbukti bermanfaat mencegah kebakaran hutan di wilayah Missanabie, Ontario, Kanada. Foto/PopularMechanic
A A A
OTTAWA - Fitur SOS satelit Apple berhasil mendapat sorotan sejak pertama kali diumumkan. Sekarang fitur tersebut terbukti bermanfaat mencegah kebakaran hutan di wilayah Missanabie, Ontario, Kanada.

Kebakaran hutan berhasil dijinakkan setelah penduduk setempat menggunakan fitur SOS satelit di smartphone iPhone 14. Berkat fitur tersebut, mereka bisa menghubungi petugas meski tidak memiliki sinyal internet.

Kebakaran akhirnya ditangani Kementerian Sumber Daya Alam dan Kehutanan yang datang beberapa saat kemudian. Setelah berjibaku dengan kobaran api yang panas, petugas dan warga akhirnya berhasil mencegah terjadinya kebakaran hutan hebat.



“Fitur darurat GlobalStar baru dari iPhone 14 memfasilitasi komunikasi kami dengan MNRF saat mendekati pulau yang terbakar,” kata Eric Belanger, warga yang sempat memotret dan membagikan kronologis peristiwa tersebut dikutip SINDOnews dari laman Gizmochina, Sabtu (5/8/2023),

Untuk diketahui, fitur baru iPhone yang tergabung dalam model 14 dan 14 Pro ini memungkinkan pengguna menjangkau layanan darurat selama pemadaman internet. Ini biasa digunakan dalam situasi darurat ketika seorang tersesat.

Fitur SOS melalui satelit tersedia saat sinyal seluler tidak ada. Antarmuka pengguna meminta pengguna untuk mengarahkan iPhone mereka ke satelit terdekat untuk mendapatkan sinyal. Fitur ini mengumpulkan data tentang insiden yang dilaporkan dan membagikan lokasi pengguna dengan layanan darurat.

Terlepas dari kecepatan transfer data yang lambat dan potensi kualitas koneksi yang buruk, ini menawarkan penyelamat dalam situasi darurat. Untuk diketahui, ini bukan pertama kali fitur SOS satelit Apple berhasil menyelamatkan situasi darurat.



Sebelumnya fitur juga berhasil menyelamatkan seorang pendaki yang tersesat di hutan California, Amerika Serikat. Sekelompok pendaki yang sedang melakukan perjalanan alam dan ekspedisi pendakian di daerah asing di California tersesat dari rute yang direncanakan.

Mereka kehilangan arah setelah menempuh jarak yang cukup jauh dari titik mereka memulai pendakian. Dikatakan bahwa mereka hampir masuk ke dalam ngarai yang terjal jika tidak menggunakan fitur di iPhone tersebut.

Dari kelompok yang melakukan pendakian, sepuluh anggota diantaranya merupakan pengguna iPhone yang mengaktifkan fitur Emergency SOS. Fitur SOS ini menghubungkan mereka dengan tim penyelamat lokal.

Setelah menerima panggilan darurat, tim penyelamat dikirim untuk menemukan dan menyelamatkan para pendaki. Mereka akhirnya di bawa ke pemukiman terdekat dengan lokasi ke daerah Ventura.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6906 seconds (0.1#10.140)