Cara Mendeteksi Tulisan ChatGPT, Gunakan 4 Aplikasi Ini

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 08:11 WIB
loading...
Cara Mendeteksi Tulisan ChatGPT, Gunakan 4 Aplikasi Ini
Cara mendeteksi tulisan ChatGPT penting untuk diketahui. Foto: ChatGPT
A A A
JAKARTA - Cara mendeteksi tulisan ChatGPT menarik untuk dipahami. Sebab, kehadiran ChatGPT buatan Open AI bisa disalahgunakan untuk membuat esai atau tugas. Tentu saja, ini jadi mimpi buruk bagi para guru atau pengajar.

Cara termudah untuk mendeteksi tulisan ChatGPT adalah menggunakan software plagiarism checker. Aplikasi plagiarism checker dapat digunakan untuk mendeteksi tulisan ChatGPT atau teks generatif lainnya.

Nah, berikut beberapa software plagiarism checker yang dapat digunakan untuk mendeteksi tulisan ChatGPT:

1. GPTZero

Ini adalah software terpopuler untuk mendeteksi tulisan yang dihasilkan oleh ChatGPT dan lainnya. Cara menggunakan GPTZero cukup mudah. Pengguna tinggal menggunggah file baik kata atau pdf ke GPTZero, dan membiarkan aplikasi melakukan pengecekan.

Hanya dalam beberapa detik, GPTZero akan menampilkan hasil apakah teks dihasilkan oleh AI dan bahkan menyertakan bagian apa pun yang dihasilkan AI.

2. AI2 Grover Detect

Platform ini dikembangkan untuk mendeteksi “Neural Fake News” atau artikel berita palsu yang dihasilkan oleh Teknologi AI.

3. Originality AI

Ini adalah plagiarism checker dan pendeteksi AI yang dirancang untuk content creators. Software ini bisa memeriksa keaslian teks dengan mengidentifikasi plagiarisme.


4. GPTrue or False

Software ini adalah ekstensi dari browser Chrome dan Firefox yang dapat membantu pengguna mendeteksi tulisan yang dihasilkan AI.
Cara kerjanya dengan mengirimkan teks yang dipilih ke halaman website OpenAI Detector.

Software diatas bisa digunakan oleh guru ataupun dosen untuk melakukan pengecekan tugas siswaataumahasiswa.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)