Cara Menghilangkan Iklan di Layar Kunci Android

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 11:05 WIB
loading...
Cara Menghilangkan Iklan di Layar Kunci Android
Cara menghilangkan iklan di layar kunci Android wajib diketahui. Foto: Techradar
A A A
JAKARTA - Menghilangkan iklan di layar kunci pada perangkat Android bisa menjadi tantangan. Ini karena penyebabnya bisa bermacam-macam. Tergantung pada aplikasi atau pengaturan tertentu yang digunakan.

Nah, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk menghilangkan iklan di layar kunci Android:

1. Cek Aplikasi Baru yang Terpasang

Periksa apakah Anda baru-baru ini menginstal aplikasi yang mungkin menyebabkan iklan muncul di layar kunci. Uninstall aplikasi yang mencurigakan atau tidak dikenali, kemudian periksa apakah iklan hilang setelah itu.

2. Periksa Pengaturan Aplikasi

Buka Pengaturan Android Anda dan masuk ke bagian Aplikasi atau Pengelola Aplikasi. Cari aplikasi yang mungkin menyebabkan iklan muncul di layar kunci. Setelah menemukannya, coba hapus data atau cache aplikasi dan lihat apakah itu menghilangkan iklan.

3. Revoke Izin Aplikasi

Di Android 6.0 Marshmallow ke atas, Anda dapat membatasi izin aplikasi. Buka Pengaturan > Aplikasi > Nama Aplikasi, dan matikan izin-izinya yang tidak relevan atau mencurigakan.

4. Gunakan Aplikasi Anti-Malware

Instal aplikasi keamanan atau anti-malware dari Play Store dan jalankan pemindaian untuk menemukan aplikasi yang mungkin berperilaku mencurigakan atau menampilkan iklan yang tidak diinginkan. Setelah ditemukan, hapus aplikasi tersebut.

5. Periksa Aplikasi yang Tidak Diketahui

Jika Anda mendapatkan iklan yang muncul secara acak di layar kunci, periksa aplikasi apa saja yang berjalan di latar belakang. Buka Pengaturan > Baterai > Penggunaan Baterai, dan lihat apakah ada aplikasi yang mencurigakan dengan konsumsi baterai yang tinggi.

6. Periksa Pengaturan Layar Kunci

Beberapa perangkat Android atau antarmuka pengguna pihak ketiga memiliki opsi untuk menampilkan iklan di layar kunci. Periksa pengaturan layar kunci Anda dan pastikan tidak ada opsi yang memungkinkan iklan ditampilkan.


7. Perbarui Aplikasi

Pastikan semua aplikasi di perangkat Anda diperbarui ke versi terbaru, karena pengembang sering merilis pembaruan untuk memperbaiki bug dan masalah keamanan.

Jika Anda tetap mengalami masalah, periksa apakah iklan tersebut muncul setelah menginstal aplikasi tertentu. Ingatlah untuk selalu mendapatkan aplikasi dari sumber yang terpercaya, yaitu Google Play Store, dan hindari mengunduh aplikasi dari sumber yang tidakdiketahui.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1189 seconds (0.1#10.140)