Begini Cara Smartwatch Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur Penggunanya

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 07:59 WIB
loading...
Begini Cara Smartwatch Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur Penggunanya
Smartwatch Galaxy Watch6 Series memiliki beragam fitur untuk meningkatkan kualitas tidur pemiliknya. Foto: Samsung Indonesia
A A A
JAKARTA - Smartwatch seperti Galaxy Watch6 dibekali fitur baru yang mampu meningkatkan kualitas tidur pemiliknya.

Studi Mashable menyebut bahwa kualitas tidur masyarakat di Asia Tenggara ternyata buruk. Tiga dari empat orang di Asia Tenggara mengaku sulit tidur di malam hari. Sebanyak 27% responden dari Indonesia menyatakan susah tidur setidaknya beberapa kali dalam seminggu.

Padahal, tidur yang cukup dan berkualitas turut memberi dampak yang signifikan terhadap kesehatan selain rajin berolahraga dan menerapkan pola makan sehat.

Begini Cara Smartwatch Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur Penggunanya

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Annisa Nurul Maulina (kiri) danSleep Educator Vishal Dasani (kanan) membagikan tips dan trick bagaimana menggunakan Galaxy Watch6 untuk meningkatkan kualitas tidur. Foto: Samsung

“Tidak hanya menciptakan perasaan lebih baik, tenang, dan rasional. Tidur yang cukup juga membantu menjaga kondisi jantung lebih sehat, meningkatkan efektivitas sistem kekebalan tubuh, serta membantu reparasi dan regenerasi sel,” ungkap Sleep Educator Vishal Dasani.

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Annisa Nurul Maulina mengatakan, Samsung membekali Galaxy Watch6 dan Galaxy Watch6 Classic dengan fitur-fitur untuk meningkatkan kualitas tidur penggunanya.

“Misalnya Sleep Monitoring yang memungkinkan pengguna melacak pola tidur dan mempelajari hasil Sleep Insights yang detail dan akurat langsung dari perangkat watch,” ungkapnya.

Bahkan, pengguna bisa memiliki sleep coach pribadi dengan memanfaatkan fitur Sleep Coaching yang dipersonalisasi.

Pentingnya Memahami Pola Tidur
Begini Cara Smartwatch Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur Penggunanya

Menurut Vishal, memahami pola tidur merupakan langkah pertama yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur. “Dengan paham pola tidur, Anda bisa mengidentifikasi area mana yang harus dibenahi,” katanya.

Caranya, gunakan fitur Sleep Monitoring di Galaxy Watch6 dan Galaxy Watch6 Classic saat tidur. Aktifkan juga pengaturan ‘track blood oxygen’ dan deteksi dengkur untuk mengetahui insight tidur yang lebih lengkap. Dari situ, pengguna bisa mendapat informasi komprehensif tentang durasi tidur juga kualitas tidur.

Cara Menggunakan Galaxy Watch6 Series untuk Memperbaiki Kualitas Tidur

Vishal menyebut, kualitas tidur yang baik dilihat berdasarkan konsistensi dan kebutuhan tubuh. Nah, berikut tips menggunakan Galaxy Watch6 Series untuk meningkatkan kualitas tidur:

1. Konsistensi Tidur

Galaxy Watch6 Series bisa dipakai untuk melacak konsistensi tidur setelah rutin melacak pola tidur selama beberapa hari. Misalnya, mulai tidur pada pukul 10 malam dan bangun pada pukul 6 pagi. Lakukan hal tersebut secara berulang setiap hari.

2. Galaxy Ekosistem

Galaxy Watch6 Series bisa terhubung ke perangkat smart home yang terintegrasi di SmartThings. Misalnya, Anda bisa menyambungkan perangkat untuk mengatur on/off lampu atau AC.

Bisa juga memanfaatkan konektivitas ekosistem antara Galaxy Watch6 Series dan smartphone Galaxy, seperti Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5 untuk mengatur sleep routine di smartphone, agar notifikasi di aplikasi tertentu tidak mengganggu proses tidur.

3. Sleep Coaching
Begini Cara Smartwatch Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur Penggunanya

Fitur Sleep Coaching bisa membentuk kebiasaan tidur lebih baik. Fitur tersebut memberi program terpersonalisasi dengan panduan dalam jangka waktu yang diinginkan. Anda hanya perlu ikuti setiap harinya untuk meningkatkan kualitas tidur.

“Saat menjalani Sleep Coaching, yang penting harus konsisten. Penting juga untuk tetap melakukan sleep monitoring secara rutin. Terutama di 7 hari pertama.,”tutupVishal.

Galaxy Watch6 hadir dalam pilihan ukuran 40mm dengan warna Graphite dan Gold di harga Rp3.999.000, serta ukuran 44mm di harga Rp4.499.000 dengan warna Graphite dan Silver.



Ada pula pilihan desain jam tangan yang lebih premium, Galaxy Watch6 Classic, yang memiliki rotating bezel. Galaxy Watch6 Classic tersedia dalam dua pilihan warna, yakni Black dan Silver, dengan ukuran 43mm pada harga Rp5.499.000 dan 47mm di harga Rp5.999.000.

Galaxy Watch6 dan Galaxy Watch6 Classic tersedia secara preorder mulai periode 26 Juli-17Agustus2023.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3026 seconds (0.1#10.140)