Cara Cek IMEI untuk Mengetahui Terdaftar atau Tidak

Selasa, 01 Agustus 2023 - 17:38 WIB
loading...
Cara Cek IMEI untuk Mengetahui Terdaftar atau Tidak
Cara Cek IMEI HP. FOTO/ THE VERGE
A A A
JAKARTA - Cara cek IMEI HP terbaru menjadi informasi yang banyak dicari belakangan. Hal ini menjadi buntut terbongkarnya kasus pendaftaran IMEI ilegal di Tanah Air.



Tak tanggung-tanggung, Bareskrim Polri menyebut bakal memblokir hampir 200.000 ponsel yang terindikasi menggunakan IMEI ilegal. Sebagian besar di antaranya yang diketahui adalah iPhone.

Apabila rencana ini menjadi kenyataan, perangkat yang diblokir nantinya tidak bisa lagi mendapatkan jaringan dari operator seluler. Dengan demikian, pengguna akan kesulitan mengoperasikan ponselnya secara optimal.

Bagi Anda yang ingin cek status IMEI ponsel, bisa langsung memeriksanya melalui situs resmi Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Berikut langkah-langkah mudahnya yang bisa diikuti.

Cara Cek IMEI Ponsel


Sebelum memastikan status terdaftar atau tidaknya, Anda perlu mempersiapkan 15 digit kode IMEI dari ponsel terkait. Biasanya, kode ini dapat dilihat dari kardus pembelian hingga menu pengaturan di ponsel.

Jika sudah ditemukan, simpan atau catat kode tersebut untuk nantinya digunakan pada pemeriksaan IMEI. Untuk melanjutkannya, simak langkah-langkahnya berikut ini.

-Pertama, silahkan akses laman imen Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui browser perangkat. Bisa juga dengan tautan berikut https://imei.kemenperin.go.id/

-Setelah itu, masukkan kode IMEI yang telah disimpan sebelumnya pada kolom yang tersedia.

-Klik ‘Search’ atau ‘Cari’ untuk melanjutkan.

-Tunggu beberapa saat. Kemudian, Anda akan melihat status IMEI ponsel terdaftar atau tidak.

-Apabila IMEI terdaftar, akan muncul tulisan "IMEI terdaftar di database Kemenperin". Hal ini menandakan perangkat terdistribusi lewat jalur resmi.

-Selesai.

Demikian ulasan mengenai cara cek IMEI terbaru dengan mudah dan praktis. Selamat mencoba!
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3268 seconds (0.1#10.140)