5 Fakta Menarik GTA, Franchise Game Populer yang Digandrungi Jutaan Penggemar

Kamis, 27 Juli 2023 - 13:52 WIB
loading...
5 Fakta Menarik GTA, Franchise Game Populer yang Digandrungi Jutaan Penggemar
5 Fakta Menarik GTA. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Grand Theft Auto atau biasa dikenal GTA tentu sudah tidak asing lagi bagi para penggemar game. Seiring perkembangannya, GTA telah menjadi salah satu franchise game paling populer dan terlaris sepanjang masa.



Melihat riwayatnya, GTA dibangun dari awal hingga meraih kesuksesannya sampai sekarang. Selama perjalanan itu, mereka telah menghadirkan banyak seri yang disukai para para penggemar.

Beberapa seri yang sangat populer dari GTA ini di antaranya adalah GTA: San Andreas, GTA: Vice City, GTA IV, hingga GTA V. Untuk mengenalnya lebih jauh, berikut sejumlah fakta menarik dari game Grand Theft Auto (GTA).

Fakta Menarik Game GTA

1. Berawal dari 1997


Grand Theft Auto (GTA) memulai debutnya pada tahun 1997. Mengutip laman TechNews, saat itu mereka dirilis untuk sistem MS-DOS dan PC Windows. Tak lama setelahnya, barulah muncul untuk versi PlayStation dan GameBoy Color.

Seri pertama dari GTA ini menggunakan gameplay top-down perspective. Artinya, pemain akan bermain dengan melihat map dari atas. Selain itu, grafisnya juga masih polygon.

2. Awalnya Bukan Bernama GTA


Seri pertama GTA sebenarnya sudah mulai dikembangkan sejak 1995. Saat itu, namanya bukanlah Grand Theft Auto (GTA), melainkan ‘Race N Chase’.

Setelah dibatalkan berkali-kali, akhirnya game ini dirilis dengan nama Grand Theft Auto (GTA). Hanya saja, perilisannya kala itu sementara tersedia untuk PC saja. Barulah beberapa bulan kemudian hadir untuk versi PS1.

3. Konsep Awalnya


Awalnya, GTA memiliki konsep seperti permainan polisi dan perampok yang lebih tradisional. Dalam hal ini, pemain bisa memilih untuk memainkan pihak polisi atau perampok.

Lebih lanjut, permainan hanya berpusat pada misi tanpa penekanan untuk menjelajah dunia terbuka. Semua itu berubah setelah muncul bug berupa karakter polisi yang menabrak npc di jalan.

Ternyata, setelahnya permainan berjalan lebih seru dan agresif. Pada akhirnya, pengembang menyadari potensi untuk mengubah GTA menjadi lebih terbuka dan menjalankan karakter seseorang yang bebas melakukan apa pun.

4. Memiliki Kode Cheat


Kode cheat sejatinya tak hanya bisa digunakan pada game Grand Theft Auto. Namun, keberadaan kumpulan kode cheat ini justru menjadi identik dengan GTA karena membuat jalannya permainan semakin seru.

Bukan bermaksud curang, cheat pada game GTA dibuat agar pemain tidak cepat bosan. Melalui berbagai cheat yang bisa dilakukan seperti mendapat senjata hingga mobil baru, para pemain bisa merasakan keseruan lebih dari permainan ini.

5. Seri Paling Populer


Sejak kemunculannya, franchise GTA telah merilis belasan seri berbeda untuk berbagai platform. Dari sekian banyak, beberapa di antaranya menjadi paling populer dan banyak dimainkan.

Sebagai contoh, bisa disebutkan seri Grand Theft Auto: San Andreas. Penggemar game PS2 pasti sudah tidak asing lagi dengan permainan ini. Meski sudah cukup lama, namun eksistensinya masih terus berjalan sampai sekarang.

Tak hanya PS2, kini GTA:San Andreas juga bisa dimainkan di platform lain. Sebut saja seperti PC hingga ponsel android sekalipun.

Itulah sejumlah fakta menarik dari game Grand Theft Auto (GTA).
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3200 seconds (0.1#10.140)