Kecerdasan Buatan Dipakai di Mesin Cuci LG Agar Nyuci Lebih Hemat

Rabu, 26 Juli 2023 - 15:57 WIB
loading...
Kecerdasan Buatan Dipakai di Mesin Cuci LG Agar Nyuci Lebih Hemat
Pabrikan elektronik mulai menyematkan AI di mesin cuci untuk berbagai fungsi. Foto: LGEIN
A A A
JAKARTA - Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) tidak hanya dipakai di platform seperti ChatGPT, tapi juga produk elektronik seperti mesin cuci. Terbaru, PT LG Electronics Indonesia (LG) mengenalkan 3 seri terbaru mesin cuci Top Loading AI DD dengan tipe TV2518DV3B, TV2111DV3B, dan TV2110DV3B.

Product Director Washing Machine PT LG Electronics Indonesia Kim Nack Sun mengatakan, ini bukan kali pertama LG mengenalkan mesin cuci dengan adopsi AI. Tapi, jadi yang pertama menyematkan dukungan kecerdasan buatan pada kategori mesin cuci top loading.

“AI di varian mesin cuci bisa peningkatan performa pencucian dan perawatan pakaian,” beber Kim.

Fungsi AI di Mesin Cuci
Kecerdasan Buatan Dipakai di Mesin Cuci LG Agar Nyuci Lebih Hemat

Menurut Kim, pemanfaatan kecerdasan buatan pada mesin cuci Top Loading ini hadir melalui sematan fitur AI DD. “AI meningkatkan performa pembersihan dan perawatan pakaian,” beber Kim Nack Sun. Menurutnya, AI dapat mendeteksi karakter material pakaian hingga tingkat kelembutannya.

“Sementara pada mesin cuci biasa, hanya menyandarkan kerja pencucian pada pengenalan berat keseluruhan cucian,” ungkapnya. Pengenalan karakter material pakaian selanjutnya akan diproses untuk menentukan siklus pencucian paling sesuai kebutuhan pengguna. Penentuan ini dilakukan dengan dukungan puluhan ribu basis data variasi pencucian dengan beragam material.

“Kemampuan pengenalan material cucian dengan penentuan siklus yang didukung basis data luas, menjadikan mesin cuci dapat lebih akurat memberi pembersihan sekaligus perawatan pada pakaian favorit pengguna,” ujar Kim Nack Sun.

Kim juga mengatakan, pengujian Intertek sebagai lembaga uji internasional menyebutkan bahwa siklus pencucian dengan mode AI diklaim 11,4 % lebih baik dalam melakukan perawatan pakaian dalam uji perbandingan dengan siklus pencucian normal.

Kecerdasan Buatan Dipakai di Mesin Cuci LG Agar Nyuci Lebih Hemat

Selain itu, mesin cuci top loading terbaru ini juga diklaim lebih senyap dan minim getaran lewat teknologi Inverter Direct Driver. “Kami menanggalkan penggunaan rantai karet yang biasa digunakan menghubungkan motor di bawah dengan tabung mesin cuci,” bebernya.

Bahkan untuk semakin mengurangi getaran, LG memasang dua peredam horizontal. Keberadaannya menjadi tambahan peredaman getaran.



Soal desain, ukuran juga lebih kompak dibandingkan mesin cuci lain dengan kapasitas tabung cuci yang sama. “Bingkai penutupnya lebih lebar. Disamping memberi efek elegan, rancangan tersebut juga memberi kemudahan pengguna melihat proses pencucian yang sedang berjalan,” ujar Lenka Peruba, Product Marketing Washing Machine for LG Electronics Indonesia.

Pada bagian dalamnya, LG menerapkan bahan semi-stainless steel demi meningkatkan faktor higienitas di bagian tabung.

Berapa harganya? LG menawarkan 3 varian mesin cuci dengan perbedaan pada kapasitas pencucian. Untuk kapasitas pencucian 18 kg, LG mematok harga Rp8 jutaan. Sementara kapasitas pencucian lebih kecil 11 kg dan 10,5 kg rentang harganyadiRp5jutaan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1130 seconds (0.1#10.140)