Cara Donasi di Twitch Paling Mudah, Siap Nyawer Streamer?

Jum'at, 21 Juli 2023 - 09:02 WIB
loading...
Cara Donasi di Twitch Paling Mudah, Siap Nyawer Streamer?
Cara donasi di Twitch penting diketahui mereka yang ingin memberikan dukungan kepada streamer favorit. Foto: Reuters
A A A
JAKARTA - Cara donasi di Twitch penting dipahami. Terutama, bagi orang yang ingin memberikan dukungan terhadap streamer tertentu. Twitch merupakan platform berbagi video yang menyajikan beragam jenis konten, mulai game, olahraga, musik, dan lainnya. Fitur terbaik dari Twitch tentu saja live streaming, memungkinkan penonton menyaksikan langsung creator bermain game tertentu.

Nah, selain menonton, pengguna juga bisa “nyawer” atau berdonasi ke streamer favorit mereka lewat “bit”. Yakni, sejenis uang virtual yang dapat dibeli dan ditukar dengan uang sungguhan.

Item virtual/mata uang in-stream Twitch Bits bisa dibeli online, atau menonton iklan secara gratis. Lalu, pengguna dapat mendonasikan Bits sambil menonton siaran langsung/live streaming. Untuk harga 100 Bits berkisar antara USD1.40 dan 1.000 Bits berkisar USD10.

Nah, jika Anda ingin ingin melakukan donasi menggunakan Twitch Bits, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buat akun Twitch

Jika Anda belum memiliki akun Twitch, buatlah akun terlebih dahulu di situs web Twitch (twitch.tv) dengan mengklik tombol "Sign Up" atau "Daftar" di pojok kanan atas halaman.

2. Sambungkan akun Twitch dengan akun PayPal atau kartu kredit

Untuk melakukan donasi di Twitch, Anda perlu menyambungkan akun Twitch Anda dengan akun PayPal atau kartu kredit. Ini memastikan bahwa donasi dapat diproses dengan aman.

3. Cari saluran yang ingin Anda donasi

Setelah Anda masuk ke akun Twitch Anda, carilah saluran (channel) pengguna yang ingin Anda donasi. Saluran Twitch dapat diakses melalui menu "Browse" (Jelajah) atau dengan menggunakan kotak pencarian di atas halaman.

4. Klik tombol "Support" atau "Donasi"

Ketika Anda berada di saluran yang ingin Anda donasi, carilah tombol "Support" atau "Donasi" di halaman saluran tersebut. Tombol ini biasanya berada di bawah tampilan video saluran atau di panel bawah.

5. Pilih jumlah donasi

Setelah Anda menemukan tombol donasi, pilih jumlah donasi yang ingin Anda berikan. Beberapa saluran mungkin menawarkan pilihan jumlah donasi yang berbeda untuk dipilih.

6. Tambahkan pesan donasi

Beberapa saluran memungkinkan Anda menambahkan pesan donasi yang akan ditampilkan saat Anda mengirimkan donasi. Pesan ini bisa berupa ucapan terima kasih atau pesan dukungan untuk streamer.

7. Konfirmasi donasi

Setelah Anda memilih jumlah donasi dan menambahkan pesan (jika berlaku), klik tombol "Confirm" atau "Konfirmasi" untuk menyelesaikan donasi.


8. Tunggu konfirmasi donasi

Setelah Anda mengonfirmasi donasi, donasi Anda akan diproses dan ditampilkan di saluran Twitch tersebut. Streamer atau pengguna yang Anda donasi akan menerima pemberitahuan tentang donasi Anda dan biasanya akan memberikan ucapan terima kasih.
Perlu diingat, tidak semua saluran di Twitch memiliki opsi donasi. Hanya beberapa saluran yang memungkinkan pengguna menerima donasi.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0067 seconds (0.1#10.140)