7 Alasan Mengapa Orang Suka Nyawer Streamer hingga Jutaan Rupiah

Jum'at, 21 Juli 2023 - 08:05 WIB
loading...
7 Alasan Mengapa Orang Suka Nyawer Streamer hingga Jutaan Rupiah
Memberikan donasi atau nyawer streamer ternyata ada alasannya sendiri. Foto: Getty Images
A A A
JAKARTA - Salah satu sumber pendapatan streamer saat melakukan kegiatan live streaming adalah lewat donasi dari penonton. Beberapa gamer perempuan mengakui terang-terangan bahwa dalam sehari, jumlah donasi yang mereka dapatkan dari platform live streaming Twitch bisa menjacapai belasan hingga puluhan juta rupiah.

Tentu, banyak orang bertanya-tanya, mengapa orang rela merogoh kocek raturan ribu hingga jutaan rupiah untuk didonasikan kepada para streamer yang sebenarnya sudah sangat kaya. Nah, berikut beberapa alasannya:

1. Bentuk Dukungan

Banyak penonton Twitch yang merasa memiliki ikatan emosional terhadap streamer yang mereka nikmati dan sukai. Karena itu, mereka ingin memberikan dukungan finansial sebagai bentuk apresiasi atas konten yang telah disediakan oleh streamer.

2. Hiburan

Penonton yang aktif di Twitch ataupun TikTok seringkali mendapat hiburan dan kesenangan dari menonton streamer favorit mereka. Mereka mungkin merasa bahwa donasi adalah cara yang bagus untuk "membayar" atas hiburan tersebut.

3. Interaksi dengan Streamer

Beberapa penonton mungkin berdonasi untuk mendapatkan perhatian dari streamer atau untuk membuat pesan khusus yang akan dibacakan oleh streamer di siaran langsung. Ini memberikan rasa interaksi dan koneksi dengan tokoh yang mereka sukai.
Apalagi, jika streamer sudah hapal dan menyebutkan namanya saat live streaming. Ini memberikan perasaan luar biasa bagi penggemar.

4. Komunitas dan Reputasi

Donasi juga bisa menjadi cara bagi penonton untuk mendapatkan pengakuan di komunitas penggemar. Beberapa saluran Twitch memberikan penghargaan atau peran khusus di dalam komunitas untuk para donatur yang setia.

5. Donasi Amal

Beberapa streamer mengadakan siaran amal di mana semua atau sebagian dari donasi yang diterima akan disumbangkan untuk tujuan amal atau badan amal tertentu. Donasi semacam ini memberikan kesempatan bagi penonton untuk berkontribusi pada tujuan sosial yang positif.


6. Gratifikasi Secara Emosional
7 Alasan Mengapa Orang Suka Nyawer Streamer hingga Jutaan Rupiah

Donasi di Twitch dapat memberikan gratifikasi emosional bagi penonton yang ingin memberikan dukungan kepada streamer yang mereka nikmati. Dukungan emosional ini jadi pemicu terbesar mengapa penonton rela menghabiskan uang mereka hanya untuk “nyawer”.

Meski banyak orang berdonasi atas dasar dukungan dan apresiasi, penting untuk selalu berdonasi dengan bijaksana dan hanya menggunakan sumber dana yang sah serta sesuai dengan kemampuan keuangan pribadi.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3400 seconds (0.1#10.140)