Selain Instagram Threads, Ini 10 Aplikasi yang Mirip Twitter

Senin, 10 Juli 2023 - 12:05 WIB
loading...
Selain Instagram Threads, Ini 10 Aplikasi yang Mirip Twitter
Ada banyak sekali aplikasi yang mirip dengan Twitter selain Instagram Threads. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Aplikasi Instagram Threads bikin heboh dunia maya. Begitu diluncurkan, sebagian pengguna Twitter membanjiri aplikasi buatan Meta tersebut. Kurang dari 24 jam setelah diluncurkan, Threads sudah mengumpulkan lebih dari 44 juta pengguna.

Dibandingkan Twitter, fitur Threads memang sangat mirip. Bahkan, hampir tidak berbeda. Dan aplikasi mirip Twitter pun juga banyak sekali. Mulai dari yang populer, sampai yang tidak terlalu terkenal. Apa saja? Berikut adalah daftarnya:

1. Bluesky

Sama seperti Twitter, Bluesky adalah aplikasi media sosial microblogging (berbagi cerita dengan jumlah karakter terbatas). Pengguna dapat membuat profil, berbagi pemikiran, dan terlibat dengan pengguna lain dengan menyukai dan membalas kiriman. Bedanya, Bluesky menggunakan sistem terdesentralisasi yang berjalan di beberapa server yang lebih kecil yang dihubungkan oleh Protokol AT. Bluesky juga dibuat oleh Jack Dorsey yang pendiri Twitter. Sayangnya Bluesky hanya dapat diakses melalui undangan.

2. Mastodon

Nama Mastodon ramai disebut sejak Elon Musk mengambil alih Twitter. Mastodon sendiri merupakan jejaring sosial terdesentralisasi dan bersifat terbuka. Sekilas sangat mirip Twitter. Mastodon berdiri pada 2016 oleh programmer Eugen Rochko saat menempuh pendidikan di Friedrich Schiller University, Jerman. Eugen Rochko ingin menciptakan Twitter tandingan.

3. WT.Sosial

WT.Social atau WikiTribune Social merupakan platform yang dibuat oleh salah satu pendiri Wikipedia, Jimmy Wales. WT.Social memiliki filosofi yang sama dengan Wikipedia dan menjalankan donasi, bukan iklan. WT.Social bisa dibilang mirip Twitter karena pengguna dapat membuat, bergabung, dan berkontribusi pada apa yang disebut situs sebagai subwiki. Pengguna juga dapat berbagi tautan di dalam subwiki mereka dengan pengguna lain untuk berdiskusi.

4. Gab

Gab adalah platform jejaring sosial yang mirip dengan Twitter. Ini menawarkan fitur postingan pendek, pengikut, tagar, dan berbagai topik diskusi.

5. Parler

Parler adalah platform jejaring sosial yang mirip Twitter dalam hal desain dan fitur. Misalnya penekanan kebebasan berbicara serta penggunaan tagar.

6. Minds

Minds adalah jejaring sosial terdesentralisasi, memungkinkan pengguna untuk berbagi pemikiran, gambar, dan video. Minds menawarkan fitur seperti "boosting" dan "reminds" yang mirip dengan fitur retweet di Twitter.

7. MeWe

MeWe adalah platform jejaring sosial yang fokus pada privasi dan kebebasan berbicara. Mirip Twitter, pengguna dapat memposting pemikiran dan konten dalam format pendek.

8. Plurk

Plurk merupakan platform jejaring sosial yang menggunakan format postingan pendek dalam bentuk "plurks". Mirip dengan Twitter, pengguna dapat mengikuti orang lain dan berinteraksi melalui komentar dan pesan pribadi.

9. Tencent Weibo

Tencent Weibo adalah platform jejaring sosial yang populer di Cina dan sering disebut sebagai "Twitter-nya Cina". Ini menyediakan fitur postingan pendek, pengikut, dan tagar yang mirip dengan Twitter. Tenceng Weibo dianggap sebagai tiruan dari Sina Weibo yang terlebih dulu populer.


10. Sina Weibo

Sina Weibo adalah layanan mikroblogging yang sangat populer di Cina dan merupakan salah satu platform jejaring sosial terbesar di negara tersebut. Mirip dengan Twitter, pengguna dapat memposting pesan pendek, mengikuti orang lain, dan berinteraksi melaluikomentar.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1552 seconds (0.1#10.140)