Threads Dikritik Sedot Banyak Data Privasi Dibanding Twitter, Ini Faktanya

Kamis, 06 Juli 2023 - 21:07 WIB
loading...
Threads Dikritik Sedot Banyak Data Privasi Dibanding Twitter, Ini Faktanya
Platform sosial media baru buatan Meta, Threads, mendapat kritikan tajam dari berbagai banyak orang terkait upaya pengumpulan banyak data privasi dari pengguna platform. Foto/Tech Times
A A A
MENLO PARK - Platform sosial media baru buatan Meta, Threads , mendapat kritikan tajam dari berbagai banyak orang terkait upaya pengumpulan banyak data privasi dari pengguna platform yang baru mulai beroperasi pada Kamis (6/7/2023). Kritikan datang dari pendiri Twitter dan Bluesky, Jack Dorsey.

Pemilik baru Twitter , Elon Musk bahkan ikut ambil bagian mengkritik kebijakan yang dianggap merugikan pengguna Threads. “Seluruh isi di Threads Anda adalah milik kami," tulis Jack Dorsey di akun Twitter resmi miliknya.

Dalam cuitan itu Jack Dorsey memberikan alamat khusus yang berisian informasi mengenai pengaturan aplikasi terkait data privasi. Jika dibuka maka alamat tersebut akan membuka papan informasi mengenai data apa saja yang bisa terkoneksi dengan aplikasi Threads.



Dalam daftar tersebut ternyata Threads bisa mengoneksi beberapa data penting di antaranya adalah Health & Fitness, Financial Info, Contact Info, User Content, Browsing History, Usage Data, Diagnostic, Purchase, Location, Contacts, Search History, Identifiers, Sensitive Info, dan Data Lainnya.

Total ada 14 data privasi yang bisa terkoneksi dengan Threads. Kondisi itu memang membuat beberapa pengguna Threads khawatir. Mereka merasa pengoneksian data privasi yang dilakukan Threads terlalu berlebihan.

Tidak heran jika Elon Musk membenarkan kritikan yang dilayangkan Jack Dorsey. "Ya," cuit Elon Musk singkat.

Sebelumnya Elon Musk bahkan sedikit satire mengkritik Meta yang benar-benar ingin mengatur segala hal yang berkaitan dengan data semua orang. “Syukurlah mereka (Meta) dikelola dengan sangat sempurna,” ucap Elon Musk.



Pengumpulan data privasi yang ada di aplikasi sebenarnya memang bukan hal baru. Setiap aplikasi yang terunduh di ponsel atau perangkat komputer selalu punya ketentuan pengumpulan data privasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1855 seconds (0.1#10.140)