Orang Terkaya India Jualan HP Termurah di Dunia

Rabu, 05 Juli 2023 - 10:45 WIB
loading...
Orang Terkaya India Jualan HP Termurah di Dunia
Operator Reliance Jio di India menjual HP dengan banderol hanya Rp180 ribu dan biaya berlangganan Rp23 ribu sebulan. Foto: dok Reuters
A A A
JAKARTA - Salah satu orang terkaya India, Mukesh Ambani , punya strategi jitu untuk pasar telekomunikasi di negaranya. Ia baru saja mengenalkan HP dengan harga hanya 999 rupee atau (Rp180 ribu).

Mukesh Ambani dikenal sebagai taipan minyak hingga ritel di India. Tapi, belakangan ia juga melebarkan sayap ke industri telekomunikasi.

HP tersebut dijual lewat operator terbesar di India Reliance Jio Infocomm Ltd. Sebagai tahap awal, Jio akan meluncurkan 1 juta HP Jio Bharat pada 7 Juli mendatang.

Ponsel tersebut akan ditawarkan dengan paket seperti gratis telpon serta paket data 14 GB perbulan dengan hanya membayar Rp23 ribu sebulan.

Strategi Disrupsi
Orang Terkaya India Jualan HP Termurah di Dunia

Mukesh Ambani dikenal dengan strategi ekstrim dan disruptif. Ini dilakukan ketika ia masuk dari bisnis ritel ke 2006 dan bisnis telekomunikasi di 2016. Lewat cara itu ia bisa menyingkirkan kompetitornya dan bahkan langsung jadi pemimpin pasar di kedua sektor tersebut.

Akash Ambani, chairman dari operator telekomunikasi Reliance Jio, mengatakan dalam pernyataannya bahwa ada 250 juta pengguna ponsel di India yang tetap "terjebak" di era 2G. Menurutnya, orang-orang tersebut sudah puas dengan hanya memanfaatkan fitur internet yang basic, meski sebenarnya 5G pun sudah diadopsi di beberapa wilayah di India.

Orang Terkaya India Jualan HP Termurah di Dunia

Meski demikian, HP Jio Bharat tetap bisa melakukan kegiatan hiburan seperti streaming.



HP berwarna biru (sama seperti warna identitas Reliance Jio) tetap memiliki kamera. Desainnya memang mirip feature phone atau HP 2G/3G. Keunggulan yang diberikan oleh HP tersebut adalah bisa melakukan pembayaran dan juga menonton video/film lewat aplikasi Jio. HP tersebut juga sudah bisa mendukung WhatsApp.

Reliance Jio berencana untuk berinvestasi USD25 miliar untuk membangun jaringan 5G di India mulaiDesember2023.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1754 seconds (0.1#10.140)