Barisan Aplikasi Android Berbahaya Terbaru yang Perlu Anda Hapus

Senin, 27 Juli 2020 - 09:03 WIB
loading...
Barisan Aplikasi Android Berbahaya Terbaru yang Perlu Anda Hapus
Android jelas bukan hal yang baru bagi para pengguna handphone berbasis open source tersebut. Tampaknya pengguna semakin sulit untuk menghindari semua bahaya yang bersembunyi di Google Play, belum lagi toko aplikasi pihak ketiga dan metode tidak sah lainn
A A A
JAKARTA - Apakah Anda pernah terjebak membolak-balik puluhan halaman Play Store , bagian, dan kategori dalam mencari aplikasi dan game baru? Jika ya, maka Anda perlu mengambil sedikit waktu untuk membersihkan ponsel dari konten yang berpotensi berbahaya dan invasif. (Baca juga: Google Nyerah Hadapi Malware Joker, Dihapus Tetap Saja Mengancam )

Serangan malware Android jelas bukan hal yang baru bagi para pengguna handphone berbasis open source tersebut. Tampaknya pengguna semakin sulit untuk menghindari semua bahaya yang bersembunyi di Google Play, belum lagi toko aplikasi pihak ketiga dan metode tidak sah lainnya saat mengunduh barang seluler.

Ancaman Terbaru
Untuk kesekian kalinya dalam beberapa bulan terakhir, sekelompok peneliti keamanan telah menemukan dan secara ketat mendokumentasikan operasi Play Store yang jahat. Mereka merekomendasikan Anda untuk menghindari.

Laman Phone Arena menyebutkan, Google sendiri telah mem-boot 19 aplikasi yang dinyatakan bersalah atas perilaku penyisipan iklan yang merajalela. Juga penting bagi Anda melakukan ASAP yang sama.

Lagipula, Google Play tidak dapat melindungi Anda dari jenis perilaku ilegal itu setelah Anda mengunduhnya. Jadi Anda harus menemukan dan menghapusnya secara manual dari ponsel sendiri. Dengan lebih dari 3,5 juta unduhan di antara mereka, sayangnya ada beberapa dari Anda yang menjadi korban dari taktik pemangsa yang dirinci dalam laporan White Ops terbaru.

Hal terburuk tentang serangkaian aplikasi Android jahat ini adalah mereka diprogram untuk menipu penggunanya agar percaya bahwa mereka tidak berfungsi atau tidak dapat dipasang dengan benar, menghapus ikon peluncuran mereka sendiri segera setelah diunduh untuk melakukan proses penghapusan instalasi sulit tidak perlu.

Sementara fungsionalitas yang diiklankan seringkali terbatas atau tidak ada sama sekali, tujuan klandestin jelas, sederhana, dan sangat efektif -membombardir pengguna dengan iklan, serta mengalihkan lalu lintas web ke portal yang teduh. Kedengarannya tidak terlalu menyenangkan ... atau aman, laporan itu tidak menyebutkan apa pun tentang malware ini yang menyerang integritas informasi pribadi atau data keuangan Anda.

Daftar dan Cara Menghindari Infeksi Ponsel
Namun, Anda harus benar-benar memeriksa layar beranda ponsel dan daftar lengkap aplikasi yang saat ini di-instal pada perangkat dari menu pengaturan untuk judul-judul ini:
Auto Picture Cut
Color Call Flash
Square Photo Blur
Square Blur Photo
Magic Call Flash
Easy Blur
Image Blur
Auto Photo Blur
Photo Blur
Photo Blur Master
Super Call Screen
Square Blur Master
Square Blur
Smart Blur Photo
Smart Photo Blur
Super Call Flash
Smart Call Flash
Blur Photo Editor
Blur Image

Seperti yang dapat Anda perhatikan, ada tema umum dalam nama dan deskripsi aplikasi berbahaya ini, yang semuanya disamarkan sebagai editor foto yang memungkinkan pengguna mengaburkan bagian gambar yang diambil dengan kamera ponsel.

Selain menghapus setiap dan semua hal di atas sesegera mungkin, Anda akan ingin memberi perhatian ekstra saat berikutnya Anda mengunduh apa pun yang dikembangkan oleh perusahaan kecil atau "orang" bernama Thomas Mary, Kirk Brian, atau Davis Betty.

Nama pengembang acak seperti itu harus menjadi bendera merah pertama Anda lantaran sering terbukti palsu. Sementara jumlah ulasan bintang 1 yang diberikan ke aplikasi dapat menjadi "hadiah mati" dari sifat aslinya, bahkan ketika disertai dengan jumlah 5- yang sama atau lebih tinggi dari 5- peringkat bintang.

Grup yang terakhir ini sebagian besar juga palsu, dan terutama jika banyak ulasan 1-bintang menyebutkan hal-hal seperti fungsi terbatas, iklan acak dan agresif, dan proses pencopotan yang rumit, Anda mungkin harus mencoba menemukan alternatif yang lebih andal.
(iqb)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1975 seconds (11.97#12.26)