PIDI 4.0 Dorong Pengembangan Artificial Intelligence dalam Ekosistem Industri

Kamis, 29 Juni 2023 - 12:29 WIB
loading...
PIDI 4.0 Dorong Pengembangan Artificial Intelligence dalam Ekosistem Industri
PIDI 4.0 memiliki AI & Engineering Center, yang menawarkan solusi dari pain-point pada sektor industri. Foto/BPSDMI
A A A
JAKARTA - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) mendorong pengembangan Artificial Intelligence (AI) dalam ekosistem industri . Untuk itu, BPSDMI menjadikan Pusat Industri Digital 4.0 atau PIDI 4.0 sebagai one stop solution akselerasi transformasi digital 7 sektor manufaktur.

PIDI 4.0 memiliki AI & Engineering Center, yang menawarkan solusi dari pain-point industri dengan menghubungkan perusahaan dengan lembaga penelitian, universitas, dan menyediakan tempat melakukan uji coba untuk mencari solusi atas pain-point industri. Salah satu aspek teknologi 4.0 yang diangkat oleh PIDI 4.0 adalah artificial intelligence atau AI.

“Untuk mempersiapkan transformasi industri 4.0 pada sektor manufaktur diperlukan SDM yang adaptif, infrastruktur, dan excellent technology di bidang Artificial Intelligence. Untuk itu melalui PIDI 4.0, diharapkan akselerasi digitalisasi sektor manufacturing Indonesia dapat segera diimplementasikan,” papar Kepala PIDI 4.0, Arnes Lukman, dalam Workshop Pengembangan Artificial Intelligence dalam Ekosistem Industri Digital, Selasa (27/6/2023).



Dalam workshop tersebut, PIDI 4.0 bekerja sama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Asosiasi Big Data dan AI (ABDI), Microsoft, PT FESTO, dan PT SKF. Adapun workshop terbuka bagi seluruh kalangan, baik dari praktisi, akademisi, pengusaha, hingga masyarakat yang tertarik dengan topik AI.

“Kegiatan workshop ini diharapkan tidak hanya dapat meningkatkan kapasitas tenaga kerja industri namun juga dapat memperkuat jejaring industri dan mendorong transfer knowledge and skill terkait penerapan dan pengembangan Artificial Intelligence di industri 4.0,” ujar Arnes.

Diketahui, PIDI 4.0 adalah sebuah lembaga pemerintah bagian dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri yang berada di bawah Kementerian Perindustrian. Gedung PIDI 4.0 telah diresmikan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto beserta Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada 2 Desember 2021.

Sampai saat ini, PIDI 4.0 telah memiliki mitra sebanyak 36 yang terdiri dari 31 mitra industri, 3 universitas, dan 2 mitra global technology academy. PIDI 4.0 siap mendukung dan mengakselerasi transformasi digital pada 7 sektor manufaktur.



“Kemenperin, melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI), telah membangun PIDI 4.0 sebagai one stop solution,” ujar Kepala BPSDMI Kemenperin, Masrokhan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)