Riset Terbaru Beberkan Perubahan Ekosistem Crypto dan Web3

Selasa, 27 Juni 2023 - 17:35 WIB
loading...
Riset Terbaru Beberkan Perubahan Ekosistem Crypto dan Web3
Hasil survei ini memberikan wawasan yang menarik dan unik tentang pemahaman dan pandangan publik terhadap ekosistem web3 dan crypto. FOTO/ CNET
A A A
NEW YORK - Consensys, perusahaan teknologi perangkat lunak web3, mengumumkan hasil dari survei pendapat global yang pertama kali dilakukan mengenai web3 dan crypto.



Dalam penelitian ini mendapatkan sampel survei sebanyak 15.158 orang yang berusia 18-65 tahun selama masa penelitian dari 26 April hingga 18 Mei 2023 di 15 negara pada benua Afrika, Amerika, Asia (termasuk 1.015 responden dari Indonesia), dan Eropa.

Hasil survei ini memberikan wawasan yang menarik dan unik tentang pemahaman dan pandangan publik terhadap ekosistem web3 dan crypto secara keseluruhan, melampaui survei-survei sebelumnya yang hanya mempertimbangkan persepsi orang-orang terhadap investasi dalam aset crypto.

Survei ini mengeksplorasi topik-topik seperti privasi data, jejak karbon crypto, siklus berita terkini, dan kepemilikan digital.

Temuan survei menunjukkan bahwa orang-orang di seluruh dunia termotivasi untuk berkontribusi dan yakin bahwa mereka memberikan kontribusi yang berharga secara online. Hasil riset menunjukkan bahwa orang-orang secara global termotivasi untuk membangun dan mempercayai bahwa mereka memberikan kontribusi secara online yang berharga.

Survei ini dilakukan di 15 negara, yaitu Argentina, Brasil, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Jepang, Meksiko, Nigeria, Afrika Selatan, Korea Selatan, Filipina, Inggris, Amerika Serikat, dan Vietnam. Dari “Pengguna” menjadi “Builder”:

Hasil survei memberikan gambaran yang kuat tentang tingkat kesadaran yang luas terkait crypto dan dorongan yang kuat untuk kepemilikan, serta keyakinan terhadap masa depan crypto yang positif:

Hasil survei menunjukan adanya peningkatan keinginan secara umum untuk memiliki kontrol terhadap identitas online, data yang dibagikan, dan keuntungan yang lebih adil bagi mereka yang berkontribusi melalui wadah online.

"Survei ini mengkonfirmasi munculnya paradigma kepercayaan terdesentralisasi yang memberdayakan pengguna dan komunitas. Era para builder sejalan dengan etos web3 yang mana setiap orang dapat berkontribusi." tutur Joe Lubin, Pendiri dan CEO Consensys dalam keterangan virtualnya, Selasa (29/6/2023).

Dalam dunia baru ini, web3 dan kripto memungkinkan jaringan peer-to-peer global yang memberdayakan individu. Web3 membantu mengatasi keinginan-keinginan ini dengan menggeser kontrol identitas dari pihak ketiga kepada individu, serta membangun paradigma baru dalam penciptaan nilai dan pembentukan komunitas.

Orang-orang yang terlibat dalam kripto dan web3, baik sebagai pengembang perangkat lunak, pemegang aset kripto, atau menciptakan atau membeli NFT, bukan hanya sekadar 'pengguna' seperti biasanya didefinisikan, tetapi secara langsung berkontribusi dan membantu membangun komunitas dan ekosistem mereka secara keseluruhan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2664 seconds (0.1#10.140)