Penjelasan Data Others di HP yang Berukuran Besar dan Cara Menghapusnya

Kamis, 22 Juni 2023 - 12:02 WIB
loading...
Penjelasan Data Others di HP yang Berukuran Besar dan Cara Menghapusnya
Data others di HP memang terkadang membuat pengguna smartphone jengkel. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Data others di HP memang terkadang membuat pengguna smartphone jengkel. Pasalnya, data yang satu ini bisa menjadikan kinerja ponsel berkurang alias lemot.

Data others atau data lainnya bisa berukuran sangat besar dan dapat mengakibatkan keluar notifikasi penyimpanan penuh pada smartphone. Lantas, apa itu data others? dan bagaimana menghapusnya? berikut ulasannya.


Pengertian Data Others

Data Others merupakan kategori file dalam ponsel yang tidak dapat dikelompokan ke dalam kategori pada umumnya. Biasanya file ini dapat berupa data-data yang sudah tidak dibutuhkan oleh penggunanya.

Apabila dibiarkan terlalu lama, maka akan memakan cukup banyak penyimpanan yang berakibat pada kinerja ponsel berjalan lambat. Mengutip dari laman Nerds Chalk, berikut data-data yang ada dalam file 'Others':

1. Data Aplikasi

Sumber utama dari data other berasal dari data aplikasi. Data aplikasi yang dimaksud biasanya berupa file tambahan yang diunduh, pembaruan yang gagal, hingga file yang berasal dari aplikasi dan game.

Selain itu, layanan streaming yang tidak berfungsi dengan baik serta kegagalan dalam menghapus file cache juga akan memenuhi ruang penyimpanan perangkat melalui data others.

2. Kegagalan dalam Proses Backup

Tidak semua proses backup dapat berjalan dengan lancar, ada juga proses backup yang tidak sempurna dan mengakibatkan kegagalan dalam membackup file. Kegagalan inilah yang nantinya masuk dalam file ‘other’.

3. Chace dan Temporary Data

Usai bermain game, browsing dan membuka aplikasi yang terhubung ke internet, serta mengunduh banyak foto dan video ternyata bisa menghasilkan cache dan temporary data. Biasanya berupa file konsumen, iklan, konten dan masih banyak yang lainnya.


Cara Menghapus Data Others

Cara menghapus file dalam data others memang tergolong mudah, namun harus disesuaikan terlebih dulu dengan jenis ponselnya.

Cara Menghapus File Others Pada Iphone

- Pertama, buka aplikasi Settings
- Lalu, pilih tap Umum dilanjutkan dengan memilih opsi Penyimpanan iPhone
- Kemudian, scroll hingga menemukan Safari
- Tap data situs web pada perangkat
- Hapus semua data situs web
- Selesai

Cara Menghapus File Others di Android

Tidak hanya pengguna iPhone, pengguna Android juga bisa menghapus data others dengan mudah. Berikut caranya.

- Langkah pertama, buka Settings atau Pengaturan.
- Pilih Storage, berada di bawah Device Care pada ponsel Samsung.
- Dalam daftar akan terdapat opsi penyimpanan 'Others' beserta ruang yang dikonsumsi.
- kemudian pilih Others
- setelah itu, Klik Clean Up
- Selesai

Perlu diketahui, jika tampilan pada masing-masing ponsel mungkin saja berbeda tergantung pada jenis sistem operasi yang digunakan. Selain itu, para pengguna Iphone maupun Android juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat memudahkan proses penghapusannya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)