Google Akhirnya Perbaiki Bug Akses Mikrofon pada WhatsApp di Android

Rabu, 21 Juni 2023 - 12:33 WIB
loading...
Google Akhirnya Perbaiki Bug Akses Mikrofon pada WhatsApp di Android
Bulan lalu, sejumlah pengguna Android dikabarkan mendapati bug yang memberikan akses mikrofon WhatsApp sepanjang waktu. (Ist)
A A A
JAKARTA - Bulan lalu, sejumlah pengguna Android dikabarkan mendapati bug yang memberikan akses mikrofon WhatsApp sepanjang waktu. Kala itu, WhatsApp menjelaskan, bahwa masalah tersebut ialah pada Google dan Android.

Mengenai hal itu, pihak WhatsApp dengan tegas menjelaskan bahwa kesalahan bukan ada pada pihak WhatsApp, namun pihaknya sudah meminta Google untuk mengatasi masalah tersebut.

"Kami percaya ini adalah bug di Android yang salah memberikan informasi di Dasbor Privasi mereka dan telah meminta Google untuk menyelidiki dan memulihkannya," jelas pihak WhatsApp seperti yang dikutip dari Gadgetsnow.

Mengenai hal itu, Google baru-baru ini mengkonfirmasi mengakui masalah tersebut. Pada sebuah tweet, Google menjelaskan, bahwa bug Android baru-baru ini telah mempengaruhi sejumlah pengguna WhatsApp dan menghasilkan indikator serta pemberitahuan privasi yang salah di dasbor privasu android.

Karena itu, pihak Google mendesak para pengguna untuk memperbarui WhatsApp mereka, karena perbaikan sudah diluncurkan untuk mengatasi masalah bug tersebut.

"Kami berterima kasih kepada WhatsApp atas kemitraan mereka dan meminta maaf atas kebingungan yang mungkin ditimbulkan oleh bug ini kepada pengguna," jelas Google.

Sementara itu, pada bulan Mei lalu seorang pengguna twitter memposting tweet tentang bug di WhatsApp. Dalam tweetnya, pengguna bernama Foad DAbiri mencatat, bahwa WhatsApp sudah menggunakan mikrofon di latar belakang.

Dabiri membagikan tangkapan layar Android Dashboard, yang menampilkan bahwa akses mikrofon aktif untuk WhatsApp. Kemudian, pengguna memiliki opsi untuk mengizinkan serta melarang akses ke aplikasi dan tak boleh digunakan di latar belakang.

Terkait hal itu, WhatsApp juga sudah menjelaskan dan menegaskan kembali, bahwa WhatsApp memberi pengguna kenali penuh atas pengaturan mikrofon mereka.

"Setelah diberikan izin, WhatsApp hanya mengakses mikrofon ketika pengguna melakukan panggilan atau merekam catatan suara atau video, dan bahkan komunikasi ini dilindungi oleh enkripsi end-to-end sehingga WhatsApp tidak dapat mendengarnya," pungkas pihak WhatsApp.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2345 seconds (0.1#10.140)