AI Tingkatkan Kemampuan Komputer 10 Kali Lipat, Evolusi Besar Terjadi 2030

Senin, 19 Juni 2023 - 23:48 WIB
loading...
AI Tingkatkan Kemampuan Komputer 10 Kali Lipat, Evolusi Besar Terjadi 2030
Rotating Chairman Huawei, Hu Houkun mengatakan, teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) akan menghadirkan evolusi besar hingga 2030. Foto/GIZChina
A A A
BEIJING - Rotating Chairman Huawei, Hu Houkun mengatakan, teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) akan menghadirkan evolusi besar hingga 2030. Sebab, teknologi AI secara resmi telah mengantarkan era baru komputer yang kemampuannya meningkat 10 kali lipat.

Selama Forum Pemimpin Bisnis APEC di Beijing, Hu menyebutkan bahwa daya komputasi umum akan mengalami peningkatan yang luar biasa pada tahun 2030. Tak tanggung-tanggung, bos raksasa teknologi asal China tersebut mengatakan peningkatannya mencapai lebih dari 10 kali lipat.

Dia juga memperkirakan bahwa kekuatan AI akan meningkat 500 kali lipat dalam jangka waktu yang sama. “Dengan meningkatnya permintaan akan AI, banyak sektor lain yang akan diuntungkan,” katanya dikutip dari laman Gizchina, Senin (19/6/2023).



Hu percaya pada konektivitas global yang lebih dalam dan pengurangan latensi yang signifikan dalam standar konektivitas. Pada tahun 2030, dia memperkirakan jumlah koneksi di seluruh dunia akan mencapai 20 miliar.

Hu juga menyoroti munculnya bentuk bisnis baru. Ini termasuk teori pencitraan metaverse dan holografik. Teknologi mutakhir baru ini berkembang, tetapi masih belum menarik bagi pengguna umum.

Menurut Hu, Huawei melihat potensi besar dari teknologi berbasis AI seperti ChatGPT. Ini mewakili masa depan daya komputasi dan dapat mematahkan hambatan perangkat keras saat ini.

Berbicara tentang konektivitas, Hu mengharapkan standar 100Mbps saat ini mencapai jumlah 10 Gbps dalam tujuh tahun ke depan. Itu adalah peningkatan yang luar biasa dan benar-benar dapat mengubah cara manusia menjalani hidup.



Inernet lebih cepat dengan pengurangan latensi berarti bahwa beberapa teknologi dapat dibuat. Cloud Computing, Cloud Gaming, Autonomous Driving, Semua teknologi ini sedang menunggu evolusi atau penetapan standar konektivitas.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2760 seconds (0.1#10.140)