Pertama di Dunia, Stasiun Radio di Oregon Gunakan DJ Tenaga AI

Senin, 19 Juni 2023 - 17:46 WIB
loading...
Pertama di Dunia, Stasiun Radio di Oregon Gunakan DJ Tenaga AI
Ilustrasi on air radio. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Stasiun radio yang berbasis di Portland, Oregon, telah membuat sejarah baru. Mereka memulai debutnya menggunakan DJ pertama di dunia yang ditenagai oleh Artificial Intelligence (AI).

Kabar tersebut diumumkan Radio KBFF Live 95.5 FM dari Alpha Media, pada Selasa lalu. Dikatakan, bahwa stasiun itu akan menyiarkan versi AI/sintetis dari Ashley Elzinga dengan menggunakan perangkat lunak radio Futuri Media.

Alpha Media EVP dari konten Phil Becker beralasan, penggunaan tenaga robot dalam siaran mereka, akan membuat stasiun radio itu berjalan lebih gesit dari sebelumnya.



"Radio GPT memungkinkan kami untuk memamerkan pembuat konten dalam lebih banyak kasus, dengan lebih banyak frekuensi, dan mengkuratori informasi yang lebih tepat waktu, topikal, dan kuat untuk pemirsa dan klien Alpha dari pada yang mungkin terjadi sebelumnya," kata siaran radio itu, dilansir Fox Media, Senin (19/6/2023).

Stasiun itu memposting tweet pada hari Selasa tentang Elzinga, pembawa acara AI baru dengan pendengarnya. Dalam video itu, AI dapat didengar memutar kembali komentarnya, seolah-olah rekaman langsung.

"Kurasa aku punya hari libur," canda Elzinga.

Dalam video lain, Ai Ashley dapat didengar memberi tahu penelepon, bahwa mereka memenangkan tiket ke konser Taylor Swift. Suara AI terdengar menakutkan seperti host yang dimodelkan, menjadi percakapan dan santai.


Stasiun itu bersikeras tidak akan menggantikan Ashley yang asli, sebagaimana yang dikhawatirkan banyak DJ lokal. Mereka juga menegakan, bahwa Elzinga masih akan menerima gaji yang sama.

Pendengar yang ingin mendengar Ai Ashley dapat mendengarkan Live 95.5 dari lokasi speaker pintar dari pukul 10 pagi hingga 3 sore.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2122 seconds (0.1#10.140)