Kejahatan Dunia Maya Meningkat di India, Modusnya iPhone Murah dan Berhadiah

Senin, 19 Juni 2023 - 13:09 WIB
loading...
Kejahatan Dunia Maya Meningkat di India, Modusnya iPhone Murah dan Berhadiah
Ilustrasi iPhone. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Kejahatan dunia maya meningkat di India. Modus yang banyak digunakan adalah dengan menipu melakukan pembayaran online. Modus ini cukup banyak memakan korban.

Dilansir dari laman Business Today, kasus penipuan baru-baru ini dilaporkan di Mumbai. Dalam laporan itu dikatakan, seorang pria berusia 23 tahun ditipu sebesar Rs 4,26 lakh atas undian memenangkan iPhone.

Menurut laporan di The Free Press Journal, pria itu menerima pesan WhatsApp yang mengatakan, bahwa dia telah memenangkan undian beruntung berhadiah iPhone 14 Pro Max.


"Pesan itu mengatakan, bahwa undian itu telah dilakukan oleh toko elektronik dan iPhone-nya sudah dalam perjalanan," katanya, dikutip Senin (19/6/2023).

Ketika korban yang merupakan pemilik toko furnitur menghubungi nomor WhatsApp terserbut, dia diminta untuk membayar pajak harga barang yang dikirim. Tanpa ragu, korban membayar Rs 4,26 lakh dalam 34 transaksi.

"Tetapi pria itu menyadari, bahwa dia sedang ditipu. Dia kemudian menghubungi polisi," sambungnya.

Kasus serupa juga terjadi, pada Maret. Lagi-lagi iPhone yang dijadikan alat menarik minat para korban. Saat itu, korban kehilangan Rs 29 lakh karena membeli iPhone dengan harga yang lebih murah di Instagram.


Korban pun melapor polisi. Dalam laporannya dikatakan, dia mengunjungi Instagram dan melihat iklan penjualan iPhone besar-besaran. Dirinya tertarik dan menyatakan minat untuk membeli.

"Tetapi penjual iPhone murah itu meminta pembayaran lanjutan Rs 28.000 dan sekelompok orang menghubungi dia melalui nomor telepon yang berbeda, meminta uang tambahan bea cukai dan pajak lainnya," jelasnya.

Korban akhirnya membayar total Rs 28.69.850 (sekitar Rs 29 lakh) ke akun yang berbeda. Kasus penipuan ini pun masih banyak lagi di India.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2906 seconds (0.1#10.140)