Syarat YouTube Partner Program Diturunkan, Pembuat Konten Baru Lebih Mudah Hasilkan Uang

Rabu, 14 Juni 2023 - 16:58 WIB
loading...
Syarat YouTube Partner Program Diturunkan, Pembuat Konten Baru Lebih Mudah Hasilkan Uang
YouTube menurunkan standart bagi pembuat konten baru untuk masuk ke Program Mitra YouTube atau Youtube Partner Program (YPP). Foto/MSN/Digital Trends
A A A
MENLO PARK - YouTube menurunkan standart bagi pembuat konten baru untuk masuk ke Program Mitra YouTube atau Youtube Partner Program (YPP). Penurunan standart YPP membuat para YouTuber pendatang baru lebih mudah untuk mulai menghasilkan uang .

Sebelum perubahan, kreator YouTube membutuhkan setidaknya 1.000 subscriber untuk mendaftar bergabung dengan YPP, tetapi sekarang hanya membutuhkan 500 subsciber. Selain itu, harus melakukan tiga upload publik dalam 90 hari terakhir dan mencatat 3.000 jam waktu tonton dalam 12 bulan terakhir atau 3 juta penayangan Shorts dalam 90 hari terakhir.

Sebelumnya, pembuat konten membutuhkan 4.000 jam waktu tonton dalam 12 bulan terakhir atau 10 juta penayangan Shorts dalam 90 hari terakhir. Bergabung dengan YPP akan memberi pembuat konten baru mengakses ke berbagai fitur fan-funding, seperti langganan channel, Super Chat, Super Thanks, dan lainnya.



Kriteria kelayakan baru untuk YPP berlaku untuk pembuat konten di AS, Inggris, Kanada, Taiwan, dan Korea Selatan. Namun, untuk mendapatkan uang dari iklan, pembuat konten tetap harus mematuhi aturan lama.

“Karena para pembuat konten terus mengembangkan salurannya, mereka secara otomatis akan memenuhi syarat untuk mendapatkan bagi hasil dari iklan. Bahkan lebih banyak keuntungan setelah mereka mencapai kriteria kelayakan YPP yang ada, tanpa harus melalui proses permohonan YPP penuh lagi,” kata YouTube dikutip dari laman digitaltrends, Rabu (14/6/2023)

YouTube juga memperluas program afiliasi Shopping-nya ke semua kreator berbasis di AS yang memenuhi syarat yang tergabung dalam YPP dan memiliki lebih dari 20.000 subscriber. Dengan program afiliasi Shopping, kreator dapat menampilkan produk dari merek dan kreator lain serta menawarkan komisi atas penjualan produk yang diberi tag di video dan video Shorts mereka.



Daftar Forbes, para YouTuber masuk daftar teratas menghasilkan banyak uang di platform streaming video. Sebanyak 10 YouTuber teratas, rata-rata menghasilkan USD300 juta atau Rp4,5 miliar dalam waktu satu tahun pada 2022.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2271 seconds (0.1#10.140)