Apple Siap Luncurkan Personal Voice dan Live Speech, Ini Kelebihan Fiturnya

Senin, 12 Juni 2023 - 20:29 WIB
loading...
Apple Siap Luncurkan Personal Voice dan Live Speech, Ini Kelebihan Fiturnya
Apple mengungkapkan sejumlah pembaruan aksesibilitas iOS 17 yang segera diluncurkan akhir tahun ini. Foto/9to5mac
A A A
WASHINGTON - Apple mengungkapkan sejumlah pembaruan aksesibilitas iOS 17 yang segera diluncurkan akhir tahun ini. Beberapa fitur menarik yang menjadi perhatian adalah Live Speech dan Personal Voice.

Fitur Live Speech memungkinkan pengguna untuk mengetik apa yang ingin diinginkan dengan mengucapkannya. Sementara fitur Personal Voice, merupakan cara bagi orang yang berisiko kehilangan kemampuan berbicara, untuk membuat dan menyimpan suara yang terdengar seperti suara mereka.

Dilansir dari laman 9to5mac, Senin (12/6/2023), Apple mengatakan bahwa fitur tersebut dirancang bagi orang-orang yang didiagnosis mengidap gangguan saraf Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS). Gangguan ini secara progresif mempengaruhi kemampuan berbicara dari waktu ke waktu.



Pada iOS 17 yang saat ini masih tersedia dalam versi beta, para pengguna bisa mencoba langsung fitur personal voice tersebut. Untuk menggunakan fitur personal voice, pengguna Apple akan diminta untuk membaca bersama dengan kumpulan teks acak yang meminta untuk merekam audio selama 15 menit di iPhone atau iPad.

Dengan menggunakan pembelajaran mesin di perangkat, iPhone atau iPAd akan membuat suara yang terdengar seperti suara pengguna. Fitur suara tersebut nantinya akan terintegrasi dengan fitur Live Speech, sehingga pengguna bisa berbicara dengan personal voice dalam panggilan FaceTime serta selama percakapan tatap muka.

Singkatnya, Fitur aksesibilitas ucapan tersebut menggunakan pembelajaran mesin pada perangkat untuk menjaga informasi pengguna tetap pribadi dan aman. Selain itu, terintegrasi secara mulus dengan Live Speech, sehingga pengguna bisa berbicara dengan personal voice saat terhubung dengan orang terkasih.

Pada dasarnya, fungsi dari fitur tersebut memberi pengguna kemampuan untuk membuat suara sintetik di iPhone. Mengenai fitur tersebut seorang anggota dewan dan advokat bernama Philip Green yang didiagnosis dengan ALS pada tahun 2018 lalu, memberikan pujian luar biasa. Sebab, fitur tersebut menurut Green sangat membantu dirinya.



“Hal terpenting adalah bisa berkomunikasi dengan teman dan keluarga, Jika kamu dapat memberitahu mereka bahwa kamu mencintai mereka, dengan suara yang terdengar seperti suara kamu, itu membuat semua perbedaan di dunia," jelas Philip Green.

Mengenai fitur tersebut, Apple mengatakan, kemungkinan akan mulai diluncurkan pada akhir tahun 2023. Selain Live Speech dan Personal Voice, pihak Apple kabarnya akan menghadirkan sejumlah fitur aksesibilitas baru lainnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6062 seconds (0.1#10.140)