Apple Vision Pro Direspon Positif, Mark Zuckerberg Bilang Gini

Jum'at, 09 Juni 2023 - 09:06 WIB
loading...
Apple Vision Pro Direspon Positif, Mark Zuckerberg Bilang Gini
Mark Zuckerberg saat mencoba purwarupa Meta Quest 3 yang akan diluncurkan resmi pada 27 September 2023. Foto: Meta
A A A
CALIFORNIA - Kacamata mixed reality Apple Vision Pro mendapat respons sangat positif dari masyarakat dan dianggap sebagai bentuk ideal dari headset realitas virtual. Tapi Mark Zuckerberg punya pendapat berbeda.

Apple Vision Pro mendapatkan respons yang sangat positif dari masyarakat dan dianggap sebagai bentuk ideal dari headset realitas virtual. Tapi itu tidak berlaku buat pendiri Facebook Mark Zuckerberg yang baru saja mengenalkan perangkat virtual reality Quest Meta 3.

Dalam pertemuan dengan karyawan Meta baru-baru ini, Mark Zuckerberg mengatakan perangkat buatan Apple itu tidak menawarkan terobosan besar yang belum dilakukan oleh Meta. Menurutnya berbagai kelebihan yang dimiliki Apple Vision Pro justru sudah dicapai oleh Meta dalam membuat headset virtual andalan mereka, Meta Quest.

Bahkan dia mengatakan cara masyarakat menggunakan Apple Vision pro yang diinginkan oleh Apple justru bertolak belakang dengan yang dia bayangkan dan inginkan.

"Dalam demo yang mereka tayangkan, terlihat orang yang duduk di sofa sambil menggunakan perangkat itu. Saya pikir, itu memang bisa jadi visi masa depan dari komputasi. Tapi itu bukan yang saya mau," jelasnya dikutip The Verge.

Dari gambaran itu seolah-olah Apple Vision Pro dibuat untuk orang kaya yang punya fasilitas mewah. Faktanya Apple Vision Pro memang tidak murah karena dijual di harga USD3.499 atau nyaris Rp52 juta.

Tersirat hal itu tidak diinginkan oleh Mark Zuckerberg. Dia menginginkan perangkat virtual realitas buatan Meta terjangkau oleh semua orang. "Kami berinovasi untuk memastikan bahwa produk kami dapat diakses dan terjangkau oleh semua orang, dan itu adalah bagian inti dari apa yang kami lakukan," jelasnya.

Apple Vision Pro Direspon Positif, Mark Zuckerberg Bilang Gini

Dia bahkan mengatakan fakta bahwa perangkat virtual realitas terbaru mereka Meta Quest 2 akan dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni USD499 atau setara Rp7,4 juta. Jadi Quest Meta 3 akan bisa menjangkau masyarakat dengan baik dibanding Apple Vision Pro yang kemahalan.

"Perangkat kami juga mengajak penggunanya untuk aktif dan bergerak melakuan sesuatu. Jadi ada perbedaan filosofis yang nyata dalam hal bagaimana kami melakukan pendekatan ini," tegas pria kelahiran 14 Mei 1984 itu.



Diketahui Meta saat ini sudah memiliki tiuga perangkat virtual realitas yakni Meta Quest, Meta Quest 2, dan Meta Quest Pro. Meta Quest 3 yang dijanjikan harganya lebih murah oleh Mark Zuckerberg akan dirilis pada 27 September 2023.

Saat ini penjualan total ketiga perangkat virtual realitas Meta hampir mencapai 20 juta unit. Hanya saja masih banyak orang yang mengkritik perangkat tersebut karena beberapa fungsi yang dianggap ketinggalanjaman.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7158 seconds (0.1#10.140)