Smartpen Ini Ubah Coretan di Atas Kertas Menjadi Format Ketikan di Platform Digital

Kamis, 08 Juni 2023 - 17:54 WIB
loading...
Smartpen Ini Ubah Coretan di Atas Kertas Menjadi Format Ketikan di Platform Digital
Nuwa Pen merupakan smartpen yang berfungsi untuk menulis di atas kertas dan memindahkan ke platform digital, seperti ponsel dan laptop. Foto/Nuwa Pen/NewAtlas
A A A
AMSTERDAM - Sebagian orang masih ada suka mencatat menggunakan pulpen di atas kertas karena lebih praktis dan intuitif daripada mengetik. Hanya saja hasil coretan di atas kertas menjadi rumit ketika harus dituangkan ke dalam platform digital .

Agar coretan di atas kertas tetap bisa dituangkan dalam platform digital, kehadiran Nuwa Pen mampu mengatasi kendala tersebut. Nuwa Pen merupakan smartpen yang berfungsi untuk menulis di atas kertas dan memindahkan ke platform digital, seperti ponsel dan laptop.

Smartpen buatan startup asal Belanda Nuwa ini, berbadan aluminium menggunakan isi ulang tinta bolpoin format D1 yang dapat diganti. Smartpen ini dilengkapi dengan tiga kamera menghadap ke bawah, bersama dengan sensor gerak dan tekanan ditambah LED inframerah untuk digunakan dalam kondisi cahaya redup.



Dikutip dari laman NewAtlas, Kamis (8/6/2023), dalam smartpen disematkan chip prosesor Arm Cortex M4 yang terintegrasi perangkat lunak berbasis AI. Prosesor ini untuk menganalisis data dari kamera dan sensor untuk menentukan kata apa yang telah ditulis.

“Informasi tersebut dikirimkan melalui Bluetooth LE ke aplikasi iOS/Android di ponsel cerdas pengguna. Kemudian diunggah ke server online untuk penyimpanan, pena ini juga memiliki memori terpasang sebesar 2 gigabita,” tulis NewAtlas.

Saat pengguna melihat kembali catatan digital mereka, mereka dapat mencari subjek tertentu di dalamnya menggunakan kata kunci. Menurut Nuwa, sistem tersebut akan segera kompatibel dengan lebih dari 100 aplikasi dan platform berbagi informasi yang berbeda.
Smartpen Ini Ubah Coretan di Atas Kertas Menjadi Format Ketikan di Platform Digital


Pena ini ditenagai oleh baterai lithium 100 mAh, untuk penggunaan sekitar dua jam per pengisian daya 15 menit. Smartpen ini memiliki panjang 150 mm, berat 28 gram, dan tersedia dalam pilihan warna gading dan eboni.



Belum ada data resmi harga smartpen ini, tapi diperkirakan sekitar USD329 atau Rp4,5 juta. Pembelian termasuk tiga kartrid tinta dan langganan satu tahun yang memungkinkan fitur khusus seperti konversi teks, untuk mengubah teks tulisan tangan menjadi format yang diketik pada platform digital.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3053 seconds (0.1#10.140)