7 Tips Amankan Akun Gmail dari Incaran Hacker dengan Mudah

Rabu, 07 Juni 2023 - 21:43 WIB
loading...
7 Tips Amankan Akun Gmail dari Incaran Hacker dengan Mudah
Cara mengamankan akun Gmail dari incaran hacker dengan mudah penting dipahami. Foto: dok Forbes
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tujuh tips amankan akun gmail yang bisa langsung dipraktekkan. Keamanan akun Gmail menjadi hal penting lantaran banyak hacker yang mengincar salah satu layanan Google ini.

Platform Google sendiri pada dasarnya sudah dilengkapi keamanan tingkat tinggi. Namun seperti yang sudah diketahui, keamanan Google Mail sendiri telah berhasil diretas. Agar lebih aman, Anda bisa mempraktekkan langsung tips berikut ini.

Berikut tujuh tips amankan akun gmail agar tidak diretas hacker:

1. Mengaktifkan verifikasi 2 langkah

Tips pertama yang bisa dilakukan pengguna yaitu dengan mengaktifkan perlindungan ganda. Cara mengaktifkannya, pengguna dapat membuka halaman verifikasi 2 langkah dan memasukan akun Google. Kemudian klik mulai dan ikuti tahapan pengaktifannya.

2. Mengganti sandi secara berkala

Tips mengamankan akun Gmail selanjutnya yakni dengan mengganti sandi secara berkala. Tujuan dari cara yang satu ini yaitu agar menghindari pencurian akun dari para siber.

Pada saat pergantian sandi atau password, pastikan harus menggunakan password yang sangat kuat. Pengguna bisa menambahkan simbol, angka dan penggunaan huruf besar maupun kecil.

3. Aktif melakukan pemeriksaan keamanan

Untuk mengaktifkan pemeriksaan keamanan, pengguna dapat masuk ke fitur Akun Saya. kemudian masuk ke bagian Pemeriksaan Keamanan. Setelah itu, klik tombol mulai dan ikuti setiap petunjuk untuk memeriksa keamanan akun Google.

4. Selalu melakukan pembaruan sistem dan aplikasi

Melakukan pembaruan sistem dan aplikasi tentu dapat meningkatkan keamanan akun email Anda. Dengan melakukan pembaruan, tentu akan ada peningkatan dari versi sebelumnya seperti security patch, perbaikan bug, fitur baru dan lain-lain.

5. Menghindari penggunaan aplikasi bajakan

Menginstal aplikasi bajakan dapat meningkatkan resiko akun Gmail akan diretas oleh hacker. Aplikasi bajakan biasanya rentan dimasuki virus dan bahkan memang sengaja dibuat untuk menyebarkan virus pada setiap komputer/PC.

6. Menggunakan anti spam

Penggunaan aplikasi anti spam untuk mendeteksi adanya virus, serangan phishing dan ransomware perlu diterapkan pada PC atau komputer. Dengan adanya aplikasi ini akan ada fitur incoming & outgoing yang bisa menyaring email berbahaya, sehingga dapat meningkatkan keamanan akun email Anda.


7. Selalu logout ketika menggunakan komputer umum

Usai menggunakan komputer umum, diharuskan untuk selalu Logout akun Google pada perangkatnya. Selain mengeluarkan akun Google, pengguna juga harus membersihkan seluruh data dan riwayat pencarian di browser yang telahdigunakan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)