7 Fitur Canggih Apple Vision Pro, Bisa Buka Aplikasi dengan Kedipan Mata

Selasa, 06 Juni 2023 - 19:15 WIB
loading...
7 Fitur Canggih Apple Vision Pro, Bisa Buka Aplikasi dengan Kedipan Mata
Apple Vision Pro menggemarkan industri teknologi dengan konsep kacamata mixed reality. Foto: Reuters
A A A
CUPERTINO - Apple akhirnya merilis resmi headset andalan mereka, Apple Vision Pro dengan harga nyaris Rp52 juta. Apa saja fitur canggihnya?

Apple akhirnya merilis resmi headset andalan mereka, Apple Vision Pro dengan harga USD3.499 atau nyaris Rp52 juta di ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023 yang berlangsung, Selasa (6/6) dini hari tadi.

Apple Vision Pro bukan headset biasa. Sebab, merupakan perangkat audio visual yang mampu menjalakan realitas tertambah atau Augmented Reality (AR).

CEO Apple Tim Cook memiliki ambisi besar terhadap produk baru tersebut. Dia mengatakan Apple Vision Pro justru jadi awal dari era baru komputasi. Cook juga menyebut bahwa Apple Vision Pro sama revolusionernya dengan produk-produk Apple yang menggegerkan dunia.

"Sama seperti Mac mengubah dunia komputer personal, iPhone yang mengubah sistem komputasi berjalan, Apple Vision Pro sangat jauh lebih maju dibanding perangkat-perangkat sama yang sudah dibuat," ujar Tim Cook.

7 Fitur Canggih Apple Vision Pro, Bisa Buka Aplikasi dengan Kedipan Mata

Pernyataan Tim Cook itu memang terkesan ambisius. Apalagi saat ini Apple tidak main sendirian di bisnis headset AR. Mark Zuckerberg pemilik Meta punya dua headset sejenis yang sudah lebih dulu beredar di pasar yakni Meta Quest 2 dan Meta Quest Pro VR.

Lalu apa saja sih manfaat yang diberikan oleh headset seharga Rp52 juta itu selain bentuknya yang sangat mirip kacamata penyelam itu?

Nah, berikut ini beberapa kelebihan yang disarikan dari pernyataan resmi Apple melalui Apple News Room. Yuk cermati di bawah ini:

1. Komputer Berjalan yang Dinavigasi Pakai Mata
7 Fitur Canggih Apple Vision Pro, Bisa Buka Aplikasi dengan Kedipan Mata

Orang yang menggunakan Apple Vision Pro ibarat membawa komputer sambil jalan. Vision OS bisa membuat penggunannya mengakses berbagai aplikasi yang biasa ditemui di semua Apple Mac.

Cara mengaksesnya juga luar biasa. Pengguna bisa memilih aplikasi hanya dengan kedipan mata. Melalui perintah suara berbagai aplikasi bisa melakukan berbagai pekerjaan yang diinginkan.

Jadi Anda benar-benar terasa membawa komputer yang sebenarnya tidak ada. Menariknya, Apple Vision Pro tidak membuat penggunanya kehilangan visual di dunia nyata. Pengguna tetap bisa menjalankan aktivitas lain secara normal sambil menjalankan berbagai aplikasi yang ada di Apple Vision Pro.

2. Bioskop Pribadi Berjalan

Apple Vision Pro memiliki dua layar beresolusi tinggi, yakni 4K di masing-masing mata. Kelebihan itu membuat Apple Vision Pro bisa mengubah ruang apa pun menjadi bioskop pribadi dengan layar sangat besar. Sistem audionya juga sangat canggih karena menggunakan teknologi Audio Spasial.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1407 seconds (0.1#10.140)