Hati-hati, Tautan WhatsApp Ini Bikin Ponsel Android Crash

Sabtu, 03 Juni 2023 - 08:12 WIB
loading...
Hati-hati, Tautan WhatsApp Ini Bikin Ponsel Android Crash
Pengguna WhatsApp diperingatkan untuk tidak mengirim tautan yang akan merusak aplikasi dan memaksa pengguna untuk terus melakukan restart. Foto/Techradar
A A A
CALIFORNIA - Pengguna WhatsApp diperingatkan untuk tidak mengirim tautan yang akan merusak aplikasi dan memaksa pengguna untuk terus melakukan restart. Tautan URL itu adalah wa.me/settings yang akan membawa pengguna ke halaman pengaturan WhatsApp.

Ketika URL dikirim dalam obrolan individu atau grup, ketika di-klik akan membuat WhatsApp crash dan memaksa pengguna untuk membuka ulang aplikasi. Saat aplikasi dimulai ulang, tampaknya berfungsi normal kembali, kecuali jika pengguna mencoba membuka obrolan yang berisi tautan.

Dikutip dari laman Techradar, Sabtu (3/6/2023), pemicu sebenarnya sesederhana, terjadi ketika membuka obrolan dengan tautan. Untungnya aplikasi memulai ulang (restart) secara normal setelah itu, kecuali jika Anda membuka utas pesan itu lagi.



Tautan yang mengirim Anda ke halaman pengaturan aplikasi, membuatnya semakin berbahaya bagi mereka yang terbiasa dengan pintasan tersebut. Pengguna Twitter BruteBee sebelumnya melaporkan masalah ini, ketika pertama kali ditemukan dan diliput secara luas oleh PandyaMayur.

Bug yang disebut 'crash loop' ditemukan oleh pengguna Twitter @pandyaMayur11 dan dilaporkan oleh Android Authority. “Jangan kirim pesan ini ke obrolan siapa pun karena akan membuat WhatsApp crash (hanya terjadi di Android),” kata @pandyaMayur11 dalam tweet.

Sementara Otoritas Android mengonfirmasi saat ini yang terkena dampak adalah versi 2.23.10.77. Masih belum diketahui apakah versi lain juga telah mengalami masalah yang sama dengan tautan ini.

Bug yang mengganggu tampaknya hanya menjadi masalah untuk ponsel Android, artinya aplikasi iOS dan desktop tidak terpengaruh. Jadi setiap pengguna Android yang mengalaminya mungkin harus menggunakan WhatsApp versi desktop untuk menghapus pesan yang berisi URL tersebut.



WhatsApp untuk desktop dapat dengan mudah diunduh untuk PC Windows dan ditautkan ke akun menggunakan kode QR dan smartphone. Ini bisa jadi alternatif bagi mereka yang terkena dampak untuk meminta pengirim untuk menghapus pesan tersebut, meskipun mereka mungkin hanya dapat melakukan ini jika mereka tidak menggunakan WhatsApp di Android.

Penyebab masalah ini kemungkinan besar adalah bagaimana WhatsApp menyelesaikan URL untuk tautan yang dipersingkat. Meta telah menanggapi keluhan ini dan menyatakan bahwa masalah ini tengah ditangani.

“Ini adalah bug di ujung Android dengan alat Dasbor Privasi mereka dan itu hanya membuatnya seolah-olah mikrofon pengguna sedang diakses, itu tidak benar-benar diakses,” keterangan Meta melalui akun Twitternya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2777 seconds (0.1#10.140)