Instagram Ubah Algoritma Pencarian Konten di Explore, Begini Aturan Barunya

Jum'at, 02 Juni 2023 - 08:02 WIB
loading...
Instagram Ubah Algoritma Pencarian Konten di Explore, Begini Aturan Barunya
Instagram kembali mengubah algoritma pencarian konten agar semakin meningkatkan interaksi. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Instagram kembali mengubah algoritma feed di Explore mereka. Ini akan berdampak pada postingan foto hingga video Reels . Explore feed memang menampilkan ragam postingan dari seluruh pengguna di seluruh dunia. Unggahan ini dapat dilihat siapapun bahkan jika seseorang tidak mengikuti akun pengguna yang bersangkutan sekalipun.

Menariknya, umpan di Explore ini kerap menampilkan postingan berdasarkan algoritma tertentu. Adapun algoritma ini terbentuk tidak sembarangan, terdapat “aturan main” yang mengaturnya untuk menampilkan feed sesuai preferensi pengguna.

Baru-baru ini bos Instagram Adam Mosseri memberikan beberapa informasi bagaimana rekomendasi pada feed Explore Instagram ditampilkan.

Instagram Ubah Algoritma Pencarian Konten di Explore, Begini Aturan Barunya

Mosseri mengatakan algoritme sangat memengaruhi Explore, Reels, Stories, hingga Pencarian di Instagram.

Dilansir dari India Today, Mosseri menjelaskan algoritma ini cara kerjanya mempertimbangkan berbagai sinyal dari pengguna. Mulai aktivitasnya di aplikasi tersebut, ragam informasi postingan, orang yang memposting, serta rekam jejak interaksi antar pengguna. Misalnya di feed Explore, Instagram akan merekam apa yang disukai, disimpan, atau dibagikan kepada orang lain.

Dengan kata lain, ketika suatu postingan telah dikirim ke seorang pengguna, kemungkinan besar Anda akan melihat postingan serupa pada feed.

Selain itu, Instagram juga punya pertimbangan postingan seperti apa yang membuat pengguna tertarik untuk langsung melihatnya. Sebagai contoh, seorang pengguna ketika membuka feed Explore lanngsung membuka postingan berkaitan dengan fashion.

Maka dari itu, konten serupa akan lebih sering muncul dan peluangnya sangat tinggi terlihat di umpan Jelajah.

Mosseri menyebut sinyal-sinyal seperti seberapa cepat atau banyak orang menyukai postingan, komentar, berbagi, menyimpannya sangat menentukan konten Explore ditampilkan ke pengguna.



Membuka profil seseorang juga termasuk salah satu alasan mengapa unggahan suatu akun selalu muncul. Hal ini sangat mungkin terjadi meski pengguna tidak follow akun bersangkutan.

Setiap pengguna Instagram juga memiliki opsi untuk memblokir, berhenti mengikuti, atau bahkan melaporkan suatu konten di Explore apabila merasa tidak nyaman. Hal ini demi menghindari pengguna dari konten negatif di umpah Jelajah agar tidak ditampilkanlagi.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1960 seconds (0.1#10.140)